Tanya-Jawab Islam: Benarkah Orang yang Masih Hidup Bisa Melihat Roh Orang Mati? | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tanya-Jawab Islam: Benarkah Orang yang Masih Hidup Bisa Melihat Roh Orang Mati?

Senin, 02 November 2015 02:52 WIB

Dr. KH Imam Ghazali Said

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr wb. Pak Kyai yang saya hormati, suatu hari bayi saya menangis dengan sangat tanpa sebab. Kata salah satu family saya karena didatangi oleh mbah buyutnya yang sudah meninggal (dia melihat kehadirannya katanya). Benarkah Kyai? Apa benar roh orang yang sudah meninggal bisa dilihat orang yang masih hidup? Apakah bukan dari golongan jin/setan? (Mun, Jombang)

Jawab:

Kejadian yang bapak sampaikan itu sering sekali diceritakan oleh masyarakat dan bahkan sangat membudaya bahwa roh-roh bapak, kakek dan leluhurnya akan pulang terutama pada hari ketujuh, empat puluh, seratus dan seribu. Nah pertanyaannya apa benar ini budaya dan ajaran Islam.

Setelah diteliti keyakinan seperti ini ternyata bertentangan dengan informasi yang datang dari Al-Quran. Allah berfirman :

حَتَّى إِذَا جَاء أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ (99) لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ كَلا إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا وَمِن وَرَائِهِم بَرْزَخٌ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ (100)

“Sehingga ketika datang kepada mereka sebuah kematian, mereka berkata “Ya Tuhanku, Kembalikanlah aku (ke dunia). Sehingga aku bisa berbuat kebaikan yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak (bisa kembali)". Sesungguhnya itu adalah perkataan yang dia ucapkan saja. Dan di belakang mereka ada dinding besar hingga hari kebangkitan”. (Qs. Al-Mukminun:99-100)

Jadi Al-Quran menyatakan manusia yang sudah meninggal, rohnya tidak dapat kembali ke alam dunia lagi, walaupun pada dasarnya mereka juga berharap kembali. Ini adalah informasi sumbernya dari Al-Quran bukan dari buku manusia manusia.

Kedua, informasi dari Rasulullah. Sahabat Ibnu Masud pernah bertanya tentang roh para shuhada yang dikatakan di dalam Al-Quran Surat Ali Imron: 169 itu masih hidup, beliau saw menjawab:

أَرْوَاحُهُمْ فِى جَوْفِ طَيْرٍ خُضْرٍ لَهَا قَنَادِيلُ مُعَلَّقَةٌ بِالْعَرْشِ تَسْرَحُ مِنَ الْجَنَّةِ حَيْثُ شَاءَتْ ثُمَّ تَأْوِى إِلَى تِلْكَ الْقَنَادِيلِ فَاطَّلَعَ إِلَيْهِمْ رَبُّهُمُ اطِّلاَعَةً فَقَالَ هَلْ تَشْتَهُونَ شَيْئًا قَالُوا أَىَّ شَىْءٍ نَشْتَهِى وَنَحْنُ نَسْرَحُ مِنَ الْجَنَّةِ حَيْثُ شِئْنَا فَفَعَلَ ذَلِكَ بِهِمْ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ فَلَمَّا رَأَوْا أَنَّهُمْ لَنْ يُتْرَكُوا مِنْ أَنْ يُسْأَلُوا قَالُوا يَا رَبِّ نُرِيدُ أَنْ تَرُدَّ أَرْوَاحَنَا فِى أَجْسَادِنَا حَتَّى نُقْتَلَ فِى سَبِيلِكَ مَرَّةً أُخْرَى. فَلَمَّا رَأَى أَنْ لَيْسَ لَهُمْ حَاجَةٌ تُرِكُوا

“Ruh-ruh mereka di dalam perut burung hijau, yang sarangnya bergantungan di Ars. Mereka terbang ke surga dengan sekehendaknya kemudian mereka kembali ke sarangnya. Kemudian Allah melihat dan berfirman: apakah kalian menginginkan sesuatu? Mereka menjawab: apalagi yang kami inginkan, sementara kami bisa terbang ke surga ke manapun yang kami kehendaki. Dan pertanyaan itu terulang tiga kali. Dan ketika mereka akan ditanya kembali merka langsung memohon kepada Allah: Ya Allah kami ingin, roh kami dikembalikan ke jasad kami sehingga kami bisa berjihad kembali di jalanMu ya Allah. Ketika diketahui mereka tidak membutuhkan apa-apa mereka ditinggalkan”. (Hr. Muslim:4993)

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   tanya jawab

Berita Terkait

Bangsaonline Video