Sidak, Pj Bupati Gresik Berharap Proyek BGS Rampung Sesuai Rencana | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sidak, Pj Bupati Gresik Berharap Proyek BGS Rampung Sesuai Rencana

Rabu, 18 November 2015 14:35 WIB

Penjabat Bupati, Akmal Boedianto, didampingi Plt Sekkab, Bambang Isdianto ketika meninjau proyek BGS. foto: syuhud/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Proyek pembangunan BGS (Bendung Gerak Sembayat), di Kecamatan Bungah hampir rampung. Sesuai kontrak, pembangunan proyek mercusuar yang menelan dana sekitar Rp 800 miliar ini berakhir pada 22 Februari 2016.

Penjabat Bupati (Pj) Gresik Akmal Boedianto memberikan apresiasi soal proyek tersebut. Baginya, proyek BGS merupkan bangunan monumental yang membendung Sungai Bengawan Solo dengan konsultan proyek yaitu PT Yodya Karya.

Ada tujuh bentang tangkis baja yang tiap tiap bentang seberat 140 ton. Tiap bentang tangkis baja tersebut sebagai pembendung air yang bisa dinaikturunkan. "Kalau musim hujan bentang tangkis ini diturunkan, dan bila hujan dan air naik maka bentang tangkis baja ini dinaikkan," ujar Suroso dari PT Yodya Karya.

Suroso menjelaskan, lebar sungai yang dibendung sejauh 160 meter. Sedangkan panjang bentang tangkis baja masing-masing 20 meter. Sehingga, ada 7 bentang tangkis baja. "Setiap bentang tangkis baja ada rumah kontrol, yang berfungsi untuk kontrol ketinggian air serta menaik turunkan bentang tangkis," terangnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pemkab Gresik

Berita Terkait

Bangsaonline Video