Tanya-Jawab Islam: Bagaimana Cara Menyelesaikan Perselisihan dengan Orang Tua? | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tanya-Jawab Islam: Cara Menyelesaikan Perselisihan dengan Orang Tua?

Jumat, 27 November 2015 02:04 WIB

Dr. KH Imam Ghazali Said

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr wb. Saya Dika di Lamongan mau tanya ini pak, saya sempat diusir oleh ibu saya dari rumah karena biasalah hasutan dari tetangga. Saya putuskan untuk ngekos saja. Setelah berjalan 4 bulan ini ibu saya mencari saya datang ke kos. Saya harus bagaimana pak? Saya takut akan seperti itu lagi. Mohon bantuannya terima kasih. (Dika, Lamongan)

Jawab:

Apa yang Anda alami ini terkait bagaimana bersikap kepada orang tua, terutama ketika terjadi masalah atau perselisihan antara orang tua dan anak. Perselisihan ini telah diceritakan di dalam Alquran mengenai seorang anak yang diperintah untuk berbuat syirik. Itu pun agama masih memerintahkan kita sebagai anak tetap harus berbuat baik kepada orang tua, walaupun sudah berbeda agama.

Allah berfirman :

“Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang tua (ibu dan bapak) ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang tua ibu dan bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, Maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik”. (Qs. Luqman:14-15)

Maka sikap kita tetap tidak mau berbuat syirik, namun tetap hormat dan berbakti kepada orang tua selagi masih hidup. Bahkan ketika terjadi masalah dan kita tidak setuju dengan pandangannya, kita pun tidak boleh menunjukkan kata kesal itu, walaupun dengan kata “ah” saja. Karena sebagai anak, salah benar, tetap harus hormat kepada orang tua. Hal ini juga terdapat di dalam Alquran:

“Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”. (Qs. Al-Isra’:23)

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   tanya jawab

Berita Terkait

Bangsaonline Video