Mahasiswa Ubaya Ubah Alga Hijau Jadi Listrik | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Mahasiswa Ubaya Ubah Alga Hijau Jadi Listrik

Rabu, 09 Desember 2015 00:45 WIB

Dari kanan ke kiri, Yoanes Maria Vianney, Go Melisa Gunawan, dan Yoko Brigitte Wang di Fakultas Teknobiologi, Ubaya. foto: devi fitri/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Yoanes Maria Vianney, Go Melisa Gunawan, dan Yoko Brigitte Wang, Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya (Ubaya) memanfaatkan banyaknya tumbuhan alga hijau (mikroalga) menjadi energi listrik.

“Bagaimana kita memanfaatkan itu untuk produksi listrik, kita manfaatkan selvolta itu merupakan reaksi listrik konvensional dengan menggunakan elektroda xeloda seperti karbon dan magnesium pada tangki sehingga bisa menghasilkan listrik,” kata Yoanes Maria Vianney, Fakultas Teknobiologi Ubaya. Selasa (8/12).

Seperti baterai, terangnya, kalau terlalu lama berjalan listrik bisa habis. Dengan alga listrik akan terus menerus diproduksi dan ini sifatnya kontinyu. "Karena alga mampu berfotosintesis secara terus-menerus, tentunya reaksi akan berjalan terus," jelasnya.

Proses alga menjadi energi listrik, Yoanes menguraikan, alga berfotosintesis mengambil karbon dioksida lalu memproduksi oksigen, lalu elektroda karbon dipakai untuk menghasilkan listrik, oksigen dan asam diubah menjadi H2O. Jadi produk akhir adalah H2O.

"Rasio fotosintesis mengambil karbon dioksida sehingga listrik yang di produksi benar-benar aman dan bersih. Ini juga membedakan dengan listrik-listrik lainnya," kata Yoanes.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   ubaya

Berita Terkait

Bangsaonline Video