Sumur Tua Bojonegoro Diusulkan Jadi Obyek Wisata Andalan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sumur Tua Bojonegoro Diusulkan Jadi Obyek Wisata Andalan

Kamis, 24 Desember 2015 02:06 WIB

foto: eki nurhadi

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro untuk membuat lokasi tambang minyak sumur tua di Wonocolo sebagai obyek wisata andalan Bojonegoro tampaknya segera terealisasi. Itu setelah SKK Migas mengusulkan Sumur Tua di Kecamatan Kedewan itu akan dijadikan daerah wisata andalan. 

Menurut kepala Divisi Survei Pemboran SKK Migas, Ngatijan, beberapa potensi kawasan pengeboran sumur minyak tua sebagai wisata alam sangat besar. Mulai dari wilayah geografisnya yang berada di daerah perbukitan dan pengelolaan yang masih dilakukan dengan cara tradisional.

“Melihat kondisi pengeboran sumur tradisional ini sangat unik, tempatnya di atas lahan perbukitan. Sehingga bisa berpotensi menjadi desa wisata andalan Bojonegoro,” katanya saat rapat koordinasi Penanganan Sosial Ekonomi Sumur Tua Wonocolo, Dadangilo, di Kantor PKK Pemkab Bojonegoro, Rabu (23/12/15).

Untuk mewujudkan ini, kata dia, semua stakeholder harus saling mendukung. Penertiban terhadap illegal drilling di sumur minyak tradisional ini bisa dilakukan dengan cara mengangkat potensi lain di daerah setempat. Desa wisata ala mini, lanjut dia, kemungkinan bisa menambah penghasilan para penambang sehingga tidak ada pengeboran sumur baru.

Seperti diketahui, permasalahan dalam pengeboran sumur tua ini sangat komplek, mulai sisi ekonomi, lingkungan, sosial budaya dan faktor kepentingan.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video