Libur Panjang, Gunung Semeru Dipadati Ratusan Pendaki | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Libur Panjang, Gunung Semeru Dipadati Ratusan Pendaki

Jumat, 25 Desember 2015 01:33 WIB

MENUJU PUNCAK: Beberapa pendaki saat menuju Ranu Kumbolo. foto: BANGSAONLINE

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Liburan panjang ini, banyak orang utamanya pemuda pecinta alam yang memanfaatkannya untuk mendaki gunung. Seperti yang tampak di . Ratusan pendaki memadati jalur pendakian Gunung tertinggi di pulau Jawa ini.

"Memang ada peningkatan jumlah pendaki yang naik ke Semeru yakni berkisar 200-300 orang per hari, padahal pada libur akhir pekan biasanya berkisar 100-200 orang per hari," kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Ayu Dewi Utari, dilansir dari antarajatim.com, Kamis (24/12).

Namun, Lanjut Ayu, pendakian gunung dengan tinggi 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini hanya dibatasi hingga Pos Kalimati. Pendaki dilarang keras naik ke puncak Mahameru karena berbahaya.

"Kami tegaskan bahwa pendaki harus patuh terhadap rekomendasi batas pendakian itu dan tidak nekat menerobos sampai ke puncak demi keselamatan pendaki yang bersangkutan," tuturnya.

Kuota pendakian di hanya dibatasi 500 orang per hari dan pihak TNBTS tidak akan menambah kuota tersebut, meskipun jumlah pendaki diprediksi terus bertambah jelang pergantian tahun nanti.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video