Kamar Santri PP At-Tanwir Digenangi Air Luapan Kali Sumber Desa Pandanwangi

Editor: rosihan c anwar
Wartawan: eky nur hadi
Senin, 28 April 2014 09:52 WIB

Air luapan kali Suto tanpa permisi ‘bertamu’ ke PP At-tanwir Bojonegoro. Foto:eky nur hadi/BangsaOnline

BOJONEGORO (bangsaonline) - Pondok Pesantren (PP) At-Tanwir, Desa Talun, Kecamatan Sumberrejo, Bojonegoro terendam banjir. Banjir itu disebabkan meluapkan sungai Sumber Desa Pandanwangi yang berada di barat komplek PP At-tanwir.

Salah satu santri, Abdul Wahid mengatakan, sejak tiga hari terakhir memang di wilayah Sumberejo dan sekitarnya terjadi hujan lebat bercampur angin. Karena semua air masuknya di kali Suto dan tidak mampu memuat banyaknya air, hingga meluber ke kanan kiri kali.

"Selain menggenangi komplek pondok, air juga menggenangi ratusan rumah warga dan areal persawahan," jelasnya, Senin (28/04/2014).

Banjir itu mulai menggenangi halaman pondok dan kamar-kamar para santri sekitar pukul 04.30 Wib pagi tadi. Para santri yang mengetahui datangnya air langsung mengevakuasi barang-baranya, khususnya kitab-kitabnya. "Baru kali ini pondok Talun (PP At-tanwir,red) terendam air banjir," imbuhnya.

Sejak pagi, Ponpes yang didirikan KH Muhammad Sholeh itu ramai oleh para santri yang mengevakuasi barang. Selain itu, para santri lain juga banyak yang sedang bermain air dan mencuci baju dan selimut.