​Piala Parasamya Purna Karya Nugraha diserahkan ke Pacitan dan Jombang

Editor: rosihan c anwar
Wartawan: nisa
Senin, 28 April 2014 11:42 WIB

?PARASAMYA. Gubernur Jatim Soekarwo dan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf menunjukkan piala Parasamya Purna Karya Nugraha. foto : nisa/bangsaonline

SURABAYA (bangsaonline) - Gubernur Jatim Soekarwo (Pakde Karwo) menyerahkan piala penghargaan Parasamya Purna Karya Nugraha kepada Bupati Pacitan Indartato dan Bupati Jombang Nyono Suharli W pada Upacara Penerimaan secara Resmi Penghargaan Presiden RI Parasamya Purna Karya Nugraha, Senin (28/4/2014) di Gedung Negara Grahadi Surabaya.


Tiga hari sebelumnya, Pakde Karwo menerima penghargaan serupa untuk tingkat provinsi dari Presiden SBY, karena Provinsi Jatim mampu mendapat menilai tertinggi (juara 1) dalam semua Indikator Kinerja Kunci (IKK) pada Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) selama empat tahun berturut-turut.


"Penghargaan ini sangat monumental, mengulangi sejarah 40 tahun lalu tepatnya tanggal 21 Agustus 74 saat gubernurnya masih Raden Panji H Muhammad Noer. Hari ini kerja keras dan kegigihan kita bersama membuahkan hasil. Atas penghargaan yang diperoleh pertama di era otonomo daerah ini saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Selamat kepada Pacitan dan Jombang," ujar Pakde Karwo dalam sambutannya.

Ia meminta penghargaan ini dijadikan semangat motivasi untuk meningkatkan pembangunan di Jatim dan menjaga iklim pembangunan. "Tidak ada kesejahteraan tanpa kebersamaan dan keamanan. Jika pada orde baru kita mampu mempertahankan dari pelita ke pelita, ke depan oleh siapun juga harus ditingkatkan," tandasnya.

Sesuai mekanisme, penghargaan untuk tingkat provinsi diserahkan oleh presiden, sedangkan tingkat kota-kabupaten diserahkan oleh gubernur dimana kota-kabupaten itu berada. Penerima penghargaan Parasamya Purna Karya Nugraha tingkat provinsi ada 3, yakni Provinsi Jatim, Jateng dan Sulawesi Selatan. Tingkat kota ada Cimahi, Jogjakarta, Depok dan Tengerang. Sedangkan tingkat kabupaten ada Pacitan, Jombang dan Sleman.