Bos Freeport James Moffett Mundur, JK Berang Keluarganya Dituding dapat Saham | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Bos Freeport James Moffett Mundur, JK Berang Keluarganya Dituding dapat Saham

Selasa, 29 Desember 2015 10:35 WIB

Chairman Freeport-McMoran James R. Moffet, memberi keterangan pers mengenai kesepakatan pemerintah Indonesia dengan PT. Freeport Indonesia di Kementerian ESDM, Jakarta, 25 Januari 2015. Foto: antara

NEW YORK, BANGSAONLINE.com - Co Founder McMoran James Moffett mundur sebagai pimpinan dan keluar dari jajaran dewan perusahaan beberapa bulan setelah penambang menambahkan dua direktur baru di bawah tekanan dari investor miliarder, Carl Icahn. Moffett dan jajaran dewan telah mencapai kesepakatan atas keputusan itu.

"Setelah pertimbangan baik-baik, dewan memutuskan pergantian kursi kepemimpinan akan menjadi hal baik bagi perusahaan dan pemangku kebijakan," kata juru bicara perusahaan lewat surat elektronik. Senin kemarin saham sendiri jatuh lebih dari 9 persen ke US$ 6.86.

Dilansir dari Reuters.com, Moffett yang pensiun sebagai ketua tetap akan menjadi konsultan bagi jajaran dewan dan perusahaan dalam beroperasi di Indonesia. Sebab, Moffett memainkan peran penting dalam pengembangan salah satu tambang emas dan tembaga terbesar di dunia, Grasberg.

Icahn yang memiliki 8.8 persen pada 22 September lalu mengkritik pengeluaran penambang, struktur modal, dan kompensasi eksekutif di saat harga komoditas yang tengah melemah.

"Sejak Moffett menjadi ketua. Laju saham menurun drastis dari US$ 60 ke US$ 7, dan saat saham mencapai US$ 60, mereka memutuskan untuk melebarkan bisnisnya dari logam dan tambang menuju minyak. Hal itu merupakan keputusan yang buruk," kata Ivan Feinseth, analis dari Tigress Financial Partners.

masuk ke ranah bisnis minyak dan gas pada 2013 dengan mengakuisisi Plains Exploration and McMoRan Exploration senilai US$ 9 miliar. Hal tersebut dianggap mengejutkan sebab Moffett merupakan pemegang saham terbesar dan merupakan direktur utama. 

Moffett sudah menjadi pimpinan dan juga sesepuh perusahaan sejak 1984. Ia juga merupakan pendiri McMoRan Oil&Gas Co di 1969 dan memimpin bergabungnya dengan Minerals Co di 1981. Kepergiannya datang beberapa bulan setelah merombak dengan tidak biasa struktur "jabatan ketua".

"Ketua" yang terdiri atas Moffett, Chief Executive Richard Adkerson, dan James Flores, kepala perusahaan bisnis minyak dan gas, dinilai menghambat peran kepemimpinan direktur independen.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: Tempo.co

 

sumber : Tempo.co

 Tag:   Jusuf Kalla Freeport

Berita Terkait

Bangsaonline Video