Hasil Pantauan Bank Indonesia, Tingkat Konsumsi Masyarakat Surabaya Masih Kuat | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Hasil Pantauan Bank Indonesia, Tingkat Konsumsi Masyarakat Surabaya Masih Kuat

Kamis, 21 Januari 2016 18:48 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Data survei dari Bank Indonesia (BI) Jawa Timur menunjukkan kegiatan konsumsi masyarakat Surabaya mengalami peningkatan. Hal tersebut berdasarkan survei yang dilakukan akhir tahun 2015 lalu.

Dilihat dari Indeks Riil Penjualan Eceran (IRPE), tercatat tingkat konsumsi warga Surabaya baik secara bulanan maupun tahunan yaitu masing-masing sebesar 2,09% (mtm) dan 2,89% (yoy).

Hal ini disampaikan saat jumpa pers yang digelar di kantor bank Indonesia, Surabaya, Rabu kemarin. Dalam jumpa pers itu, dihadirkan pembicara Budi Widihartanto selaku kepala Divisi Pengembangan Daerah, Syarifuddin Bassara selaku Deputi Kepala Perwakilan, Taufik Saleh kepala Divisi Advisori dan Keuangan Bank Jatim dan Hestu Wibowo Kepala Pemasaran Rupiah.

"Pertumbuhan ini didukung oleh masih tingginya permintaan masyarakat terhadap kelompok makanan, minuman serta kelompok bahan bakar. Sedangkan kelompok suku cadang, barang budaya dan rekreasi serta perlengkapan rumah tangga lainnya menjadi faktor stabilnya pertumbuhan," ujar Syarifuddin Bassara.

Untuk Desember 2015 saja, kata Syarifuddin, Survei Penjualan Eceran (SPE) memperkirakan aktivitas konsumsi akan terus meningkat di semua kelompok barang dengan ekspektasi penjualan sebesar 5,90% (mtm).

Diperkirakan untuk 2016 permintaan masih akan meningkat sebesar 0,85% untuk kelompok makanan, minuman dan tembakau. Sedangkan kelompok bahan bakar dan pelumas naik sebesar 2,22% (mtm) dan kelompok barang budaya dan rekreasi sebesar 2,94%.

"Ekspektasi permintaan pada Desember 2015 didorong oleh harapan penjual eceran bahwa permintaan lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya mengingat adanya momen Natal dan Tahun Baru," jelas Syarifuddin.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video