Jimly Asshiddiqie: ICMI harus Perkuat Basis Tradisi Intelektual | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jimly Asshiddiqie: ICMI harus Perkuat Basis Tradisi Intelektual

Wartawan: Rakisa
Sabtu, 30 Januari 2016 16:50 WIB

Jimly Asshiddiqie. foto: tempo

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Komitmen Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia () untuk memperkuat basis di kampus dan masjid dalam mensinergikan potensi organisasi sehingga menghasilkan karya nyata bagi bangsa agar diperhatikan oleh para cendikiawan muslim.
Demikian disampaikan Ketua Umum , Jimly Asshiddiqie, dalam pidatonya pada pelantikan pengurus Majelis Sinergi Kalam (Masika) , Sabtu (30/01) di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta. 

Jimly berharap agar Masika bisa menjadi perekat di tengah keberagaman agama, suku atau budaya di Indonesia dengan tetap memperkuat basis tradisi intelektual yang mulai menurun akibat tekanan kompetisi politik yang begitu kuat. 

"Semua pikiran kita saat ini terjebak dalam pola pikir kebebasan. Hal ini kita akui tidak bisa terbendung jika tak punya kesadaran, maka bangsa dan kebudayaan kita akan habis. Maka pasar harus dikontrol oleh nilai,“ tegasnya. 

Pasar yang dimaksud, lanjut Jimly, bukan hanya pasar dalam arti ekonomi, namun juga dalam hal politik, budaya, dan lainnya. "Inilah tugas para intelektual, termasuk para cendekiawan muda saat ini, agar mampu mengontrol,” ujarnya. 

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   ICMI

Berita Terkait

Bangsaonline Video