Ratusan Tenaga Kerja Asing Serbu Gresik, Disnakertrans Mengaku tak bisa Kendalikan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ratusan Tenaga Kerja Asing Serbu Gresik, Disnakertrans Mengaku tak bisa Kendalikan

Senin, 01 Februari 2016 17:29 WIB

Tenaga kerja asing. foto: ilustrasi

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Gresik yang banyak berdiri ribuan industri menjadi sasaran tenaga kerja asing. Saat ini ratusan pekerja asing menyerbu perusahaan PMA (Penanaman Modal Asing). Hal ini juga didukung para pemilik PMA di Gresik yang lebih memilih pekerja asing karena dinilai menguasai skill yang dibutuhkan, juga orangnya pekarja keras.

Data di Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) Pemkab Gresik menyebutkan, jumlah pekerja asing yang dipekerjakan di perusahaan-perusahaan Gresik jumlahnya tiap tahun meningkat. Saat ini, jumlah pekerja asing yang bekerja di Gresik mencapai kisaran 500 lebih pekerja.

Menurut Kepala Disnakertrans Pemkab Gresik, Mulyanto, SH, jumlah TKA ini tergolong cukup banyak. TKA tersebut di antaranya berasal dari RRC, Jepang dan lainnya.

Mulyanto mengaku, pihaknya tidak bisa mengendalikan laju pertumbuhan TKA yang bekerja di Gresik. Sebab, TKA-TKA tersebut bisa bekerja di perusahaan di Gresik atas regulasi (rekomendasi) Kemenakertrans (Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi). "Kami di sini hanya bisa menerima pekerja-pekerja asing itu masuk ke Gresik, karena yang membuat regulasi Kemenakertrans," ujar Mulyanto.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   tka gresik

Berita Terkait

Bangsaonline Video