Sertifikasi Jilbab Halal Bikin Gusar Pengguna Busana Muslim | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sertifikasi Jilbab Halal Bikin Gusar Pengguna Busana Muslim

Jumat, 05 Februari 2016 01:47 WIB

Iklan kerudung (jilbab) yang menyertakan label haram dari MUI banyak dipertanyakan. foto: instagram

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Iklan hijab halal dari salah satu produsen kerudung dengan sertifikasi Majelis Ulama Indonesia menjadi pro dan kontra. Para wanita pengguna hijab sampai terheran-heran dengan sertifikasi halal untuk kerudung tersebut.

Rohmah, salah satu pengguna busana musim mengaku sangat menyesalkan adanya upaya bisnis dengan menggandeng lembaga keagamaan. Menurut dia, dengan dikeluarkannya fatwa tersebut, para pengguna jilbab selain merek busana muslim tersebut menjadi gusar. Pasalnya, itu sama saja mengatakan bahwa hijab yang ia kenakan selama ini haram. Hal ini, kata dia, memberi kesan memaksa masyarakat untuk memakai jilbab produk tertentu.

"Aneh sih menurut saya. Kayaknya dalam Al Quran juga enggak ada deh yang mengatur masalah bahan kerudung yang kayak gimana yang halal dan haram," katanya.

Sementara Diana yang sudah mengenakan jilbab sejak duduk di bangku SMA, berpendapat bahwa jilbab atau kerudung itu dilihat bukan dari bahan ataupun mereknya, melainkan dari perilaku penggunanya.

"Percuma kan kalau mereknya halal, tapi yang pakai sikapnya minus. Jadi, menurut aku, sertifikasi itu enggak penting untuk jilbab," ucapnya seperti dilansir Kompas,com.

Menurut dia, jilbab yang baik itu adalah jilbab yang menutupi aurat, bukan masalah merek ataupun bahannya. "Misalkan saya memakai jilbab Zoya, tapi bawahannya hotpants, berarti halal dong," ujarnya.

Dia menambahkan, seharusnya MUI lebih mementingkan masalah akhlak umat. Menurut dia, semakin ke sini MUI semakin memprihatinkan, karena malah mengurusi hal-hal seperti ini. "Sepengetahuan saya ajaran dalam Islam itu mempermudah, bukan mempersulit kayak gini," ucapnya.

Masyarakat lainya menilai, iklan hijab halal itu hanya strategi pemasaran dari produsen busana muslim tersebut. Sebab, dengan cara mengeluarkan produk jilbab halal ini, masyarakat pasti akan ramai membicarakan masalah ini. Dengan begitu, produknya makin dikenal luas oleh masyarakat.

"Ah, paling ini strategi marketing-nya saja. Dengan ngeluarin produk bersertifikasi halal, jadi banyak yang ngomongin, makin laris produknya," kata salah satu perempuan yang berprofesi sebagai guru.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: kompas.com

 

sumber : kompas.com

 Tag:   hijabers

Berita Terkait

Bangsaonline Video