Menikmati Indahnya Pantai Kutang Lamongan

Jumat, 05 Februari 2016 13:53 WIB

Pantai Kutang. foto: nurqomar/ BANGSAONLINE

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Lamongan tak hanya terkenal dengan Wisata Bahari Lamongan (WBL) yang menjadi satu lokasi dengan Pantai Tanjung Kodok. Namun ada pantai eksotis dengan nama yang unik dan sensual, Pantai Kutang.

Dalam bahasa Jawa, Kutang berarti berarti pakaian dalam wanita, nama yang cukup menggelitik untuk sebuah pantai. Namun menurut penuturan warga sekitar, bahwa nama itu muncul dengan banyak ditemukannya kutang atau bra di sekitar pantai. Saat itu banyak pasangan muda-mudi yang pergi ke pantai dan meninggalkan kutangnya. Mungkin karena itulah pantai tersebut dinamai pantai Kutang.

Butuh sedikit perjuangan untuk menuju ke Pantai Kutang, karena tempatnya yang sedikit pelosok dan terpencil. Pantai ini terletak di Desa Kentong Kulonan Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tuban. Pantai ini berada di balik pemukiman warga dan harus melewati jalanan setapak dengan pinggiran tambak untuk menuju ke sini.

Tak perlu takut tersesat, karena penduduk lokal akan baik hati memberikan petunjuk bagi wisatawan yang menuju ke sana. Selain itu beberapa tanda yang dibuat oleh warga lokal juga sangat membantu.

Perjalanan yang menguras tenaga ini akan terbayar dengan keindahan pantai yang begitu menakjubkan. Hamparan pasir putih kontras dengan birunya laut. Di sekitar terdapat pepohonan dan hutan mangrove yang masih terjaga dengan baik.

Di rerimbunan pepohonan, bisa ditemukan banyak spot yang bagus bagi wisatawan yang menekuni dunia fotografi. Banyak pohon yang melengkung dan di bawahnya sungai kecil yang bermuara menuju ke pantai. Sangat pas untuk spot foto sambil bermain ayunan atau berbaring di batang pohon menikmati semilir angin.

Salah satu yang menarik adalah sunsetnya yang begitu memukau. Meski berada di utara, anda bisa menyaksikan matahari tenggelam di tengah laut karena memang posisinya agak serong.
Saat ini pantai Kutang masih jarang dijamah pengunjung karena memang lokasinya jauh dari pusat keramaian. 

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lamongan, Eko Priyono ketika dihubungi bangsaonline.com, Kamis (4/2) mengaku bangga dengan banyaknya potensi wisata yang ada di Lamongan. "Memang Lamongan mempunyai potensi wisata yang luar biasa, dan salah satu penopang PAD Lamongan ya sektor pariwisata," ujarnya seraya mengatakan hanya saja ada beberapa potensi alam yang hingga kini belum dikelola dengan baik. (qom/rev)