Ta​nya-Jawab Islam: Bagaimana Hukum Kencing sambil Berdiri? | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ta​nya-Jawab Islam: Bagaimana Hukum Kencing sambil Berdiri?

Selasa, 09 Februari 2016 02:22 WIB

Dr. KH Imam Ghazali Said.

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Pertanyaan:

Ass. Wr. Wb. Yang kami hormati dan taati Dr. KH. Imam Ghazali, MA. Saya mau nanya; di berbagai keterangan dikatakan bahwa apabila kencing berdiri di dalam jeding (kamar mandi) walaupun dalam keadaan tertutup, maka bisa menyebabkan disiksa di kuburan, sebab kencingnya belum tuntas. Nah, kalau saya justru sebaliknya artinya kalau kencing sambil duduk justru masih keluar lagi air kencing itu walau sedikit. Mana yang benar? (Hamba Allah, Surabaya)

Jawab:

Banyak orang masih menganggap bahwa kencing beridiri atau membuang air seni dengan cara berdiri itu biasa-biasa saja. Mereka mengira bahwa perilaku semacam ini tidak akan ada efek atau akibat fatal dari sisi kesehatan, sosial, agama dan sisi-sisi lainnya.

Padahal secara norma sosial kita sering mendengar pepatah “Guru kencing beridiri, murid kencing berlari”. Pepatah ini memberikan informasi bahwa kencing berdiri adalah akhlak yang tidak baik dalam kehidupan. Dan jika ada seorang pendidik yang melakukan perbuatan ini, maka murid-muridnya akan melakukan yang lebih tidak baik lagi. Fenomena ini adalah teguran sosial, hingga perihal cara membuang air seni pun harus menjadi pusat perhatian dalam mendidik akhlak murid-murid.

Dari sisi kesehatan, kencing berdiri juga mengakibatkan beberapa macam penyakit. Hasil penelitian medis menyebutkan bahwa kencing berdiri merupakan salah satu penyebab utama penderita kencing batu dan juga salah satu penyebab lemah syahwat bagi sebagian kaum pria.

Dari sisi agama, air seni itu sendiri najis, maka dalam setiap ibadah wajib suci dari segala najis, di antaranya dari air seni itu sendiri. Kedua, air seni itu juga dapat mengakibatkan orang disiksa di alam barzakh (kubur). Ibnu Abbas melaporkan sebuah hadis bahwa:

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا مَرَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى قَبْرَيْنِ فَقَالَ إِنَّهُمَا لَيُعَذَّبَانِ وَمَا يُعَذَّبَانِ مِنْ كَبِيرٍ ثُمَّ قَالَ بَلَى أَمَّا أَحَدُهُمَا فَكَانَ يَسْعَى بِالنَّمِيمَةِ وَأَمَّا أَحَدُهُمَا فَكَانَ لَا يَسْتَتِرُ مِنْ بَوْلِهِ قَالَ ثُمَّ أَخَذَ عُودًا رَطْبًا فَكَسَرَهُ بِاثْنَتَيْنِ ثُمَّ غَرَزَ كُلَّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا عَلَى قَبْرٍ ثُمَّ قَالَ لَعَلَّهُ يُخَفَّفُ عَنْهُمَا مَا لَمْ يَيْبَسَا

“Rasul berjalan dan melewati dua makam, lalu Beliau bersabda bahwa keduanya ini disiksa bukan karena dosa besar. Kemudian Beliau melanjutkan sabdanya: iya meraka disiksa, orang yang pertama karena suka menebar fitnah dan adu domba dan orang yang kedua karena tidak menutupi ketika kencing. Kemudian rasul mengambil pelepah kurma dan memotongnya menjadi dua lalu ditancapkan pada dua makam tersebut sambil berdoa semoga dua pelepah kurma ini selama masih basah akan meringankan siksanya”. (Hr. Bukhari:1378)

Dari hadis ini para ulama berbeda pendapat perihal hukum kencing berdiri. Ulama golongan pertama bahwa yang dimaksud dari hadis di atas adalah bukan cara kencing berdirinya, tapi karena tidak mensucikan dirinya dari air kencing tersebut, sebab air kencing itu najis, maka harus dibersihkan dan disucikan setiap kali membuang air seni. Pendapat ini diperkuat dengan redaksi laporan hadis yang lain dengan menggunakan kata “la yastabri’u” tidak bebas dari najisnya, artinya belum disucikan.

Dan juga diperkuat lagi dengan hadis laporan Khuzaifah bahwa:

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   tanya jawab

Berita Terkait

Bangsaonline Video