Kodim Bangkalan Sosialisasi Netralitas TNI dalam Pemilu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Kodim Bangkalan Sosialisasi Netralitas TNI dalam Pemilu

Rabu, 24 Februari 2016 14:10 WIB

Kodim Bangkalan gelar sosialisasi netralitas TNI dalam Pilkada.

, BANGSAONLINE.com - Kodim 0829/ menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pembinaan netralitas TNI pada Pemilu/Pemilukada 2016 di Gedung Manunggal, Makodim 0829/, Rabu (24/2). Sosialisasi itu diikuti oleh 215 prajurit dan PNS Kodim 0829/.

Dalam arahannya, Komandan Kodim (Dandim) 0829/, Letkol Inf Sunardi Istanto mengatakan, TNI dituntut untuk tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis. Salah satu aktualisasinya, TNI harus bersikap netral dalam setiap kegiatan pesta demokrasi (Pemilu).

Dikatakan, bersikap netral dalam kehidupan politik, diartikan berdiri sama jarak dan tidak memihak serta tidak terpengaruh oleh tarikan partai politik untuk ikut memperjuangkan kepentingannya.

Sementara tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis diartikan tidak terlibat dalam kegiatan dukung-mendukung untuk kepentingan sesaat. "Prajurit profesional harus mengedepankan kedisiplinan dan tidak berpolitik praktis," tegas Dandim.

Dasar netralitas TNI, kata Dandim, sesuai Undang-undang (UU) Nomor 15 Tahun 2011 dan UUD no 34 Tahun 2004 tentang TNI, mengamanatkan bahwa prajurit TNI harus netral dalam kehidupan berpolitik dan tak melibatkan diri pada politik praktis.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: Kapenrem 084/BJ Mayor Inf Drs. Sutadji

 

sumber : Kapenrem 084/BJ Mayor Inf Drs. Sutadji

 Tag:   Bangkalan

Berita Terkait

Bangsaonline Video