Meski Tergelincir, Lap Time Rio Terus Membaik, Menpora Tak Rela Ada Sponsor Asing | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Meski Tergelincir, Lap Time Rio Terus Membaik, Menpora Tak Rela Ada Sponsor Asing

Rabu, 24 Februari 2016 21:57 WIB

Rio Haryanto saat memacu tunggangannya, MRT-05 di sirkuit Catalunya. foto: merdeka.com

BARCELONA, BANGSAONLINE.com - Pembalap Indonesia Rio Haryanto menuntaskan janjinya untuk membuat kejutan di tes pramusim. Walau sempat tergelincir, Rio sukses mengasapi pembalap Ferrari Kimi Raikkonen.

Sejak awal penampilan Rio memang sudah ditunggu. Bukan hanya di dalam negeri tapi juga publik dunia. Maklum sebagai pemain baru di lintasan jet darat, Rio memboyong prestasi di GP 2.

Hasilnya, dari tes sesi pertama yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Rabu (24/2), terlihat catatan Rio tidak terlalu buruk. Hasil yang diperoleh di sesi pertama ini juga imbas dari tergelincirnya Rio di tingkungan kelima.

Dari 25 lap yang dilakoninya, Rio berhasil membukukan waktu tercepat 1 menit, 29 detik sekian. Meski catatan tersebut terpaut empat detik dari pembalap Force India-Mercedes, Nico Hulkenberg, namun sejatinya Rio terus memperbaiki waktu setiap lap.

Jika dibandingkan dengan rekan setimnya di Manor Racing, Pascal Wehrlein raihan pembalap asal Solo juga tidak terlalu buruk. Di hari pertama pembalap Jerman tersebut mencatat waktu 1 menit 28 detik. Dan di hari kedua, Wehrlein memperbaikinya menjadi 1 menit 25 detik.

Sementara Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi tidak ingin ada sponsor dari luar negeri yang membantu Rio Haryanto berjuang di Formula 1 2016.

"Tentu saya tidak rela kalau ada pihak lain yang terlibat, apalagi kemudian ada embel-embel dari sebuah negara. Saya kira tidak harus dilakukan itu," ucap Imam di Kantor Kemenpora Senayan, Jakarta, Rabu (24/2).

Imam mengatakan bahwa masih ada kesempatan bagi BUMN nasional, pihak swasta nasional, dan Kementerian Pariwisata untuk menjadi sponsor Rio.

"Saya rasa ini kesempatan baik bagi pihak Kementerian Pariwisata untuk bisa memasang 'Wonderful Indonesia' di mobil yang akan dikemudikan Rio," tutur Imam.

Menpora pun berjanji akan memublikasikan siapa saja yang nantinya menyumbangkan dana untuk Rio. Imam juga mengungkapkan, hal ini bisa menjadi langkah awal untuk membangun kepercayaan publik kepada pemerintah.

"Siapa pun yang menyumbang dengan jumlah berapa pun dan peruntukannya untuk apa, itu harus diumumkan kepada masyarakat," ujar Imam.

Sejauh ini, langkah konkret yang akan dilakukan pemerintah untuk membantu Rio adalah pengajuan Rp 100 miliar dari Kemenpora. Namun, perealisasiannya masih harus dirundingkan terlebih dahulu. (kcm/det/mer/lan)

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   rio haryanto F1

Berita Terkait

Bangsaonline Video