Pemkab Bojonegoro Anggarkan Rp 5 M untuk Alihkan Peserta Jamkesda ke BPJS | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pemkab Bojonegoro Anggarkan Rp 5 M untuk Alihkan Peserta Jamkesda ke BPJS

Wartawan: Eky Nurhadi
Selasa, 01 Maret 2016 15:25 WIB

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menyiapkan dana sebesar Rp 5 miliar untuk pelimpahan peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah (Jamkesda) ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan. Namun, kapan waktu pelimpahan tersebut masih belum dipastikan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, Suharto, mengatakan, hingga kini peserta Jamkesda di Bojonegoro sebanyak 163.190 jiwa. Jumlah tersebut saat ini masih terus diverifikasi. Sebab, kata dia, diperkirakan masih ada data yang tidak valid. Seperti misalnya ada peserta Jamkesda yang meninggal dunia, pindah domisili, atau sudah menjadi kaya.

“Setelah selesai verifikasi, baru bisa mulai dilimpahkan,” ujar Suharto, Senin (1/3/16).

Hanya saja, dia belum bisa memastikan berapa lama waktu yang diperlukan untuk proses verifikasi tersebut. Sebab, pihaknya harus melakukan pengecekan secara cermat di lapangan. Namun, kata dia, proses pelimpahan Jamkesda ke BPJS kesehatan tersebut tetap dilaksanakan.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Sosial (Disnakertransos) Kabupaten Bojonegoro, Adie Witjaksono, mengatakan, jumlah peserta BPJS kesehatan penerima bantuan iuran (PBI) sebanyak 572.535 orang. Dari jumlah tersebut, kata dia, sebanyak 10.797 data penerima dinyatakan tidak valid. Penyebabnya, kata dia, penerima itu sudah meninggal dunia, data ganda, pindah domisili, dan sudah dianggap mampu.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pemkab Bojonegoro

Berita Terkait

Bangsaonline Video