PKL yang Berjualan di Alun-alun Kota Batu akan Direlokasi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

PKL yang Berjualan di Alun-alun Kota Batu akan Direlokasi

Jumat, 04 Maret 2016 01:52 WIB

BERJEJER: PKL di Alun-alun Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE,com - Tiga lokasi disiapkan oleh Dinas Koperasi UKM perdagangan dan Perindustrian (Diskoperindag) untuk merelokasi para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di sekitar alun-alun Kota Batu. Rencananya tiga lokasi tersebut terletak di Batu Tourism Center (BTC), Rumah Tua Sudiro dan di Batu Night Spektakuler (BTC).

Kepala Bagian Perdagangan Diskoperindag, Susilo Trimulyanto mengatakan, nantinya PKL yang awalnya menempati BTC dan keluar ke tepi jalan akan kembali dimasukkan ke BTC. Sedangkan untuk PKL yang tidak tercatat di BTC akan ditempatkan di kawasan rumah tua Sudiro dan alun-alun Plaza.

"Dengan adanya relokasi dan pengaturan tempat maka kawasan alun-alun Batu tidak boleh ada PKL lagi, untuk kapan waktunya relokasi itu masih akan kami bicarakan," kata Susilo Trimulyanto, Kamis (3/3).

Dijelaskan Susilo Trimulyanto, sekarang ini pihaknya dalam rangka persiapan relokasi PKL kawasan alun-alun sedang melakukan pendataan ulang. Untuk PKL yang ber-KTP Kota Batu akan mendapatkan prioritas tempat dalam relokasi. Dan untuk PKL dari luar Kota Batu masih akan dilakukan pembahasan penataan terhadap mereka.

"Yang jelas, untuk PKL yang terdata merupakan binaan kami. Dan yang tidak terdata merupakan PKL bukan binaan kami," ujar Susilo Trimulyanto.

Memang, diakui Susilo Trimulyanto, dalam penataan PKL di kawasan alun-alun Kota Batu cukup rumit. Ini dikarenakan PKL di alun-alun juga ada yang mobile atau menggunakan kendaraan. Mereka tidak hanya berada di satu titik lokasi jualan tapi berpindah-pindah mengikuti ramainya pembeli. Hal itu yang dikhawatirkan oleh PKL yang menetap dan mengikuti relokasi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   PKL Batu

Berita Terkait

Bangsaonline Video