Ogah Ladeni Tantangan Ahok, Menteri Susi: Pembangunan Jangan Identik Penggusuran | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Ogah Ladeni Tantangan Ahok, Menteri Susi: Pembangunan Jangan Identik Penggusuran

Jumat, 15 April 2016 19:20 WIB

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Foto: kompas.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Menteri Kelautan dan Perikanan mengingatkan agar pembangunan tak identik dengan penggusuran.

Menurut dia, sejauh ini sudah ada rencana reklamasi sebanyak 49 titik di Indonesia. Dari sekian banyak titik tersebut, baru Teluk Carap, Sumatera Selatan, yang izinnya sudah keluar.

"Yang sudah dilaksanakan itu baru 3, yang lain belum. Satu-satunya izin yang sudah dikeluarkan, izin lokasi dan pelaksanaan ada di Teluk Carap, Sumatera Selatan," kata Susi di rumah dinasnya, Jakarta, Jumat (15/4). 

Dia menekankan, reklamasi di Pantai Utara Jakarta menjadi percontohan bagi wilayah lain. Pembangunan tidak boleh identik dengan penggusuran.

Oleh karena itu, kata Susi, reklamasi Pantai Utara Jakarta juga harus memperhatikan dan mengutamakan aspek manusiawi. 

"Supaya tidak ada lagi nelayan yang digusur tanpa mendapatkan kompensasi untuk hidup layak dan mempunyai masa depan. Tidak ada lagi relokasi berulangkali. Kadang sudah reklamasi ditambahin lagi, dipindah lagi kan tidak fair orang dalam watu masa hidup harus pindah tempat empat kali," tutur Susi.

”Saya tidak mau jadi pejabat nanti disalahkan anak-cucu karena tidak bisa memagari. Ya kalau tidak didengar itu lain perkara," tandasnya.

Susi mengingatkan, meski bukan penggusuran, namun relokasi tetap saja ada pihak-pihak yang dirugikan. Dia menegaskan, relokasi itu harusnya lebih baik dari lokasi sebelum pindah.

"Tapi namanya relokasi itu kan kita strating zero again in the New place dan itu lost of time, lost of time tidak bisa dibeli. Kita ingin pembangunan tidak boleh identik penggusuran, tapi relokasi to a new better live, hidup baru yang lebih baik," tegas Susi. 

Lalu bagaimana respon Menteri Susi soal tantangan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) soal reklamasi pantai Teluk Jakarta. Ahok menantang Menteri Susi apa berani menghentikan reklamasi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: merdeka.com/kompas.com

 

sumber : merdeka.com/kompas.com

Berita Terkait

Bangsaonline Video