Proyek Irigasi Dinas Pertanian Malang di Pucangsongo malah Rugikan Petani, Dewan: akan Kita Panggil | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Proyek Irigasi Dinas Pertanian Malang di Pucangsongo malah Rugikan Petani, Dewan: akan Kita Panggil

Kamis, 21 April 2016 16:52 WIB

Warga terpaksa memperbaiki sendiri saluran irigasi milik Dinas Pertanian Kabupaten Malang yang rusak parah di desa Pucangsongo Kecamatan Pakis. foto: putut priyono/ BANGSAONLINE

MALANG, BANGSAONLINE.com - Buruknya kualitas pekerjaan irigasi yang terletak di Desa Pucangsongo Kecamatan Pakis oleh Dinas Pertanian Kabupaten Malang ternyata belum ada ditindaklanjuti dinas terkait. Warga pun terpaksa harus memperbaiki sendiri. Sebab, jika tidak diperbaiki, irigasi tersebut bukannya menguntungkan malah merugikan petani karena airnya meluber ke mana-mana.

Dikatakan Solihin (51), salah satu warga setempat, proyek irigasi tersebut baru berumur kisaran 5 bulan lamanya. "Yang saya ketahui, plesengan itu sudah rusak sejak 3 bulan lalu. (rusaknya-red) Terus semakin lama menjadi parah," kata dia, Kamis (21/4), saat ditemui di lokasi.

Solihin menerangkan, sebelum dibangun irigasi tersebut, memang masih berbentuk pematang sawah atau jalan setapak. Tapi dengan begitu aliran air justru bagus dan aman.

Sementara, setelah adanya plengsengan untuk irigasi ini, proses aliran air justru terganggu karena bangunannya terkesan asal-asalan. "Karena tidak diperbaiki sama pemerintah, pemilik lahan yang dilewati bangunan irigasi pertanian yang bobrok itu akhirnya perbaiki sendiri dengan dananya sendiri," ujar dia.

Ironis, hasil dari penjajakan di lapangan, bisa dikatakan ini proyek siluman. Karena, mulai warga setempat hingga aparat desa, ternyata tidak mengetahui kontraktor atau pemborong mana yang mengerjakannya, karena menurut mereka semua yang mengerjakan tertutup.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video