Rp 200 Juta untuk Tata PKL di RTH Mejayan Madiun | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Rp 200 Juta untuk Tata PKL di RTH Mejayan Madiun

Editor: nur syaifudin
Wartawan: zainal
Sabtu, 07 Mei 2016 20:08 WIB

Salah satu sisi penataan Ruang Terbuka Hijau di Mejayan, Madiun.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Penataan pedagang kaki lima (PKL) di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Mejayan yang dimotori Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan Pariwisata (Dinkoperindagpar) Kabupaten Madiun segera dilakukan. Kabid Perdagangan Dinkoperindagpar Kabupaten Madiun, Agus Suyudi menjelaskan, agar tidak mengganggu keindahan RTH,seluruh PKL nantinya bakal diseragamkan.

Tiap lapak dagangannya nanti bakal mendapatkan tenda dengan bentuk dan warga seragam. "Untuk penataan PKL itu telah dianggarkan dana sebesa Rp 200 juta. Per tendanya nanti mendapatkan jatah sebesar Rp 5 juta," ungkap dia.

Sedangkan teknis penataan sebanyak 38 PKL itu, Dinkoperindagpar Kabupaten Madiun menyerahkan sepenuhnya kepada paguyuban. Yang jelas, puluhan PKL itu bakal ditempatkan di sisi barat, timur dan selatan RTH Mejayan.

"Tugas kami hanya memfasilitasi para PKL agar tidak tampak semrawut. Setiap lima tenda juga akan diberi space untuk akses jalan pengunjung yang ingin mememasuki RTH," papar dia.

Penataan RTH Mejayan ini, lanjut Agus, juga sudah termasuk pangkalan ojek. Nantinya, tukang ojek bakal mendapatkan dua space sekaligus untuk pangkalannya. Sedangkan penyewaan mainan anak-anak, seperti ATV dan Skuter juga bakal ditertibkan.

"Penyewaan mainan itu juga termasuk PKL, jadi bila mereka tetap ngotot membuka sewa mainan ya harus di tenda luar taman. Sebab di dalam kawasan RTH Mejayan itu harus steril dari PKL," tegasnya.

Agus menyebut, di luar 38 PKL yang kini telah tergabung dalam paguyuban masih muncul pedagang lain. Jumlahnya pun terdeteksi mencapai 10 PKL. Belakangan, mereka juga meminta jatah tenda yang sedang disiapkan ini.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pemkab Madiun

Berita Terkait

Bangsaonline Video