Pupuk mulai Langka di Jatim, Akhir Tahun Stok Diprediksi Habis | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Pupuk mulai Langka di Jatim, Akhir Tahun Stok Diprediksi Habis

Editor: rosihan c anwar
Wartawan: diday rosadi
Selasa, 20 Mei 2014 21:28 WIB

SURABAYA (bangsaonline) - Kelangkaan kembali terjadi di Jawa Timur. Kali ini kondisinya sangat kritis karena hampir terjadi di seluruh kabupaten/kota. Bahkan, diprediksi persediaan untuk bulan Juli hingga Desember 2014 kian menipis, karena stok yang ada sudah dipakai untuk bulan ini.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim Yusuf Rohana menegaskan, hasil sidak di beberapa kabupaten/kota ditemukan adanya kelangkaan di tingkat petani. Seperti di Tulungagung misalnya sesuai kebutuhan untuk satu tahun mencapai 29 ribu ton, namun belum sampai pertengahan tahun sudah menghabiskan 23 ribu ton. Ini berarti kebutuhan untuk bulan Juni hingga Juli sudah dihabiskan pada bulan April dan Mei 2014.

"Kalau dibiarkan, maka akan menghantam nasib petani. Mengingat saat ini sedang musim tanam dan kebetulan musim hujan tidak menentu. Apalagi petani sangat boros dalam menggunakan sehingga jatah subsidi yang harusnya habis sampai akhir tahun, ternyata dihabiskan sampai pertengahan tahun saja," sesal politisi asal PKS Jatim ini, Selasa (20/4/2014).

Karena itu, dalam waktu dekat ini Komisi B akan ke Jakarta untuk ngeluruk Departemen Pertanian sekaligus Kementrian BUMN. Dalam pertemuan nantinya akan dibicarakan beberapa persoalan, di antaranya soal harga pokok produksi naik, karena ada kecenderungan melebihi standarisasi. Kebetulan dalam pertemuan ini juga akan hadir para distributor seperti PT Petro Kimia, PT Pupuk Sriwijaya (Pusri) dan PT Pupuk Kaltim.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   pupuk

Berita Terkait

Bangsaonline Video