Puluhan Ton Sampah Menumpuk di Bengawan Solo Bojonegoro | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Puluhan Ton Sampah Menumpuk di Bengawan Solo Bojonegoro

Wartawan: Eky Nurhadi
Rabu, 01 Juni 2016 11:32 WIB

Sampah yang menumpuk di bawah Jembatan Bendung Gerak. Selain menimbulkan bau tak sedap, sampah juga mengganggu pemandangan. foto: eky nurhadi/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Puluhan ton sampah menumpuk di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro, tepatnya di jembatan Bendung Gerak Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu. Tumpukan sampah itu dipastikan mencemari air sungai Bengawan Solo.

"Kita sudah ambil sampel airnya untuk dilakukan penelitian. Apakah airnya tercemar atau tidak. Tapi, kami yakin Bengawan Solo mulai Bendung Gerak ke bawah airnya tercemar sampah itu," ujar Kabid Pengkajian dan Laboratorium BLH Bojonegoro, Heri Susanto, Kamis (1/6/16).

Ditanya solusi penanganannya, Heri mengaku bukan wewenang BLH. Melainkan wilayahnya Balai Besar Bengawan Solo (BBBS). "Entah itu akan dibersihkan atau dibiarkan saja bukan wewenang kami, tapi kami sudah sampaikan ke Balai Besar bagaimana solusinya," tandasnya.

"Kami hanya melakukan penelitian dan pengawasan kondisi airnya saja," imbuhnya.

Sementara itu pengakuan salah satu warga sekitar, keberadaan lautan sampah itu sudah berlangsung sejak dua pekan terakhir. Material sampah datang dari wilayah hulu, kemudian terhenti di pintu air Bendung Gerak. "Sampah menumpuk sejak pintu air ditutup," katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   bengawan solo

Berita Terkait

Bangsaonline Video