Sudah Berpuluh-puluh Tahun, 20 Kitab Tulisan Tangan KH Hasyim Asy’ari Masih Utuh | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sudah Berpuluh-puluh Tahun, 20 Kitab Tulisan Tangan KH Hasyim Asy’ari Masih Utuh

Wartawan: Rony Suhartomo
Kamis, 09 Juni 2016 13:49 WIB

Lukman Hakim, pengurus Pondok Pesantren Tebuireng saat menunjukkan kitab tulisan tangan KH Hasyim Asy'ari. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Perpustakaan Yusuf Hasyim memiliki banyak peninggalan bersejarah bagi umat muslim di nusantara. Salah satunya adalah kitab-kitab yang ditulis KH Hasyim Asy’ari, pendiri pondok pesantren Jombang. Tak hanya itu, kitab-kitab yang sering digunakan KH Hasyim Asy’ari juga masih tersimpan rapi di dalam perpustakaan itu.

Deretan kitab-kitab tua itu berjajar rapi di dalam rak berukuran 2x4 meter persegi terletak di ruang paling belakang perpustakaan Yusuf Hasyim. Kitab-kitab yang sudah berumur puluhan bahkan ratusan tahun itu masih terlihat masih utuh. Meski di ujung-ujung kitab, sedikit banyak mulai dimakan hama pengerat.

Kendati demikian, tidak ada satu lembar pun tulisan yang hilang atau sulit untuk dibaca. Seluruh goresan tinta pendiri organisasi Nahdlatul Ulama (NU) ini masih nampak terang tanpa ada satu kalimat atau ayat yang memudar. Entah apa yang menjadi penyebab kitab-kitab itu masih begituh kuat. Mungkin karena nama besar sang penulislah, membuat tulisan berbahasa arab itu malu untuk pudar.

”Ada sekitar 20 kitab tulisan tangan KH Hasyim Asy’ari yang tersimpan di perpustakaan ini. Seperti rangkuman ayat Al Quran dan Hadist. Kemudian cara menjadi santri yang benar dan beberapa kitab lainnya,” ujar Pengurus Pondok Jombang, Lukman Hakim kepada wartawan, Kamis (9/6).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video