Tanya-Jawab Islam: Merokok, Membatalkan Puasa? | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tanya-Jawab Islam: Merokok, Membatalkan Puasa?

Senin, 13 Juni 2016 23:55 WIB

Dr. KH Imam Ghazali Said

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Pertanyaan:

Ass Wr Wb. Mohon bantuan redaksi HARIAN BANGSA untuk menjawab persoalan puasa terkait dengan menghisap rokok karena lupa bahwa diri seseorang sedang berpuasa. Apakah menghisap udara, asap (menghisap rokok) itu membatalkan puasa? Bagaimana sejarah munculnya fenomena merokok sampai memasyarakat terutama santri dan kiai di Indonesia? (Hamba Allah) di Surabaya.

Jawaban:

Waalaikumus salam Wr Wb. Agar pembahasan yang Bapak tanyakan itu runtut dan mudah dipahami, maka saya mulai menjawab pertanyaan kedua. Merokok yang berasal dari kata rokok dalam bahasa Arab disebut tadkhin dari akar kata dukhkhan, yang arti harfiahnya adalah asap.

Secara istilah rokok adalah cacahan atau rajangan daun tembakau yang sudah dikeringkan dalam volume antara 25-50 gram yang dibungkus dengan kertas tipis dalam bentuk bundar memanjang antara 5-8 cm. Kemudian rokok ini disulut dengan api di pucuk yang satu sekaligus dihisap asapnya dari pucuk yang lain.

Cara ini disebut merokok langsung. Cara lain, kumpulan tembakau kering itu dicampur lagi dengan tumbukan buah basah seperti apel, anggur atau buah lain; kemudian campurkan 2 unsur: tembakau dan buah ini dimasukkan ke dalam tabung kaca yang bagian atas tabung itu diisi air putih dengan lubang yang sangat kecil, sehingga secara perlahan air akan mengalir ke campuran tembakau dan buah basah tersebut.

Di bawah tabung tersebut ada arang yang disulut api, sehingga campuran tembakau dan buah tersebut mengeluarkan asap. Asap tersebut tidak keluar bebas, tetapi dihisap melalui selang/pipa sepanjang 3-5 m dari penghisapnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   tanya jawab

Berita Terkait

Bangsaonline Video