Jawa Tengah Banjir, Bojonegoro Waspada Luapan Air Bengawan Solo | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Jawa Tengah Banjir, Bojonegoro Waspada Luapan Air Bengawan Solo

Minggu, 19 Juni 2016 16:42 WIB

Papan duga di TBS Bojonegoro. foto: EKY NURHADI/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com – Tingginya curah hujan yang turun sejak tiga hari terakhir membuat air Sungai Bengawan Solo di wilayah hilir Bojonegoro mulai merambat naik. Selain mendapatkan kiriman air dari daerah hulu, naiknya air Bengawan Solo juga dipicu adanya kiriman air dari sejumlah anak sungai.

Tampak air berwarna kuning kecokelatan bercampur lumpur mengalir deras. Air yang mengalir deras juga menyeret ranting kering, pelepah pisang, dan tumpukan sampah lainnya. Meski naik, ketinggian air di papan duga Taman Bengawan Solo (TBS) Bojonegoro masih di bawah siaga. Pada pukul 12.00 WIB siang tadi (19/6) ketinggian air masih di titik 09.51 Dpl, (di atas permukaan air laut).

Air diprediksi akan terus naik hingga mencapai level dua bahkan tiga. Sebab, saat ini beberapa wilayah di Jawa Tengah sedang terjadi banjir. Di Kabupaten Solo banjir air hujan merendam ribuan rumah. Ketinggian air mulai 2 hingga 3 meter. Otomatis, air banjir tersebut mengalir ke hilir Sungai Bengawan Solo, yakni Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan Gresik.

Selain dari wilayah Solo dan sekitarnya, sungai terpanjang di pulau jawa itu juga akan menerima kiriman air dari daerah Ngawi, Madiun, Ponorogo, Blora dan beberapa daerah lain di wilayah hulu. Ditambah lagi dari beberapa anak sungai di Bojonegoro.

Sehingga, Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro diprediksi bakal naik bahkan meluap. Untuk itu, masyarakat di pinggir bantaran diminta mulai meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman banjir di awal musim kemarau ini.

"Air Bengawan Solo naik dengan cepat setelah ada hujan terus menerus beberapa hari ini,” ujar Suyono, 56, awak perahu penyeberangan, di Desa Grape, Kecamatan Kanor, Minggu (19/6).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   bengawan solo

Berita Terkait

Bangsaonline Video