Cagar Budaya Gedung Singa Dikuasai Jiwasraya, Tiga Delegasi Asal Belanda Minta Bantuan Pemkot | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Cagar Budaya Gedung Singa Dikuasai Jiwasraya, Tiga Delegasi Asal Belanda Minta Bantuan Pemkot

Senin, 20 Juni 2016 15:33 WIB

Delegasi Belanda foto bersama di Balai Kota usai menghadap wali kota Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ada raut kesedihan dan kekecewaan saat delegasi dari Belanda yang terdiri atas tiga orang memberi keterangan pada awak media. Ketiga delegasi asal Belanda tersebut usai beranjangsana pada wali kota Surabaya Tri Rismaharini di ruang kerjanya.

Mereka masing-masing Frans Liedelmeijer, Charle E Marlisa dan Marco Bruidnes yang didampingi Hermawan. Mereka memberikan pernyataan terkait gedung Singa yang berlokasi di Jalan Veteran 19-21-23 yang selama 25 tahun ini dikuasai oleh BUMN Jiwasraya.

"Kami ingin pemerintah Surabaya membantu kelancaran proses renovasi dan perbaikan gedung Singa tersebut, karena gedung tersebut memiliki sejarah yang amat penting terkait art yang ada di dalam gedung Singa," papar Frans.

Ia memaparkan gedung tersebut dibangun pada zaman penjajahan Belanda tepatnya tahun 1901. Gedung tersebut dibangun arsitek asal Belanda yang sangat terkenal bernama Bella. Ia hanya membangun gedung di luar negara Belanda hanya di 3 kota saja, yakni di Jakarta, di London dan di Surabaya. Di Surabaya ini dianggap sebagai gedung yang terindah dan terdiri atas 3 lantai.

"Gedung Singa ini lantai marmernya diambil langsung dari negara Italia, patung Singa juga dikerjakan oleh pematung paling terkenal di dunia yakni Mendeste Costa. Bahkan dinding yang nempel di ruang depan dikerjakan sendiri oleh arsitek Bella dengan hiasan artistik semi modern. Gedung ini akan dibangun persis seperti sediakala namun ada sedikit sentuhan modern dengan lift yang kita letakan di ruang tengah agar semua bisa menikmati indahnya gedung Singa dari lantai satu sampai ke lantai tiga," sambung Frans.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video