Serunya Hari Pertama Sekolah: Malas, Ngantuk hingga Nangis | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Serunya Hari Pertama Sekolah: Malas, Ngantuk hingga Nangis

Editor: nur syaifudin
Wartawan: eky nurhadi
Senin, 18 Juli 2016 11:29 WIB

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Hari pertama masuk sekolah bagi siswa baru mulai jenjang SD hingga SMA/SMK dan MA tahun ajaran 2016/2017, Senin (18/7) para siswa-siswi masih diselimuti rasa malas dan ngantuk.

Para siswa-siswi khususnya tingkat SD/MI saat mengikuti upacara pagi tadi banyak yang menguap karena masih ngantuk. Tak sedikit pula banyak yang malas berdiri berlama-lama mengikuti jalannya upacara hingga selesai. Bahkan para siswa kelas 1 SD/MI banyak juga yang menangis, karena baru masuk sekolah.

"Maklum, baru pertama kali masuk sekolah (tingkat SD,red) jadi masih ngantuk, takut bahkan banyak yang nangis juga. Kami minta orangtuanya untuk mendampingi selama beberapa hari kedepan supaya tidak takut dan nangis," ujar Endang Sulistiyowati, Kepala Desa Sembunglor, Kecamatan Baureno, Bojonegoro, usai memimpin upacara di sekolahan SDN Sembunglor.

Ia menyampaikan, hari pertama masuk sekolah ditandai dengan adanya Masa Orientasi Siswa (MOS) diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari kegiatan positif seperti pengenalan sekolah dan keagamaan.

Namun, tahun ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah, kegiatan MOS dilaksanakan harus berbasis pengenalan lingkungan sekolah dan pembentukan karakter.

"Hal ini juga diperkuat dengan instruksi Bupati Bojonegoro, Suyoto, agar para guru menyambut siswa di dengan senyum dan kasih. Selain itu, ia juga mengimbau agar wali murid mengantarkan anak-anaknya tanpa ketegangan," paparnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video