Bupati Lantik Ketua Baru Kwarcab Pramuka Banyumas, Minta Pertahankan Predikat Kwarcab Tergiat

Wartawan: Dicky Edyano
Jumat, 12 Agustus 2016 13:47 WIB

BANYUMAS, BANGSAONLINE.com - Drs. Achmad Supartono, M.Si resmi memimpin Kwartir Cabang Gerakan (Kwarcab) Pramuka Banyumas Masa Bakti 2016-2021, setelah resmi dilantik oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Jumat (12/08) di Pendopo Sipanji .

Supartono menggantikan Ir Didi Rudwianto SH M.Si ketua sebelumnya, pada pemilihan Ketua Kwarcab pada Musyawarah Cabang tanggal 28 Mei lalu.

Pelantikan dilaksanakan setelah pelantikan Mabicab yang diketuai oleh Bupati Banyumas oleh Ketua Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah, Prof Dr Ir Slamet Budi Prayitno, MM. Pelantikan dihadiri oleh Anggota Forkompinda, Rektor Perguruan Tinggi, Pimpinan Perbangkan semua selaku anggota Mabicab, Camat selaku Ketua Majelis Pemimbing Ranting (Mabiran), Ketua Kwartir Ranting (Kwaran), pegiat Pramuka Banyumas, Pengurus Kwarcab dan Dewan Kerja Cabang (DKC).

Bupati Banyumas Ir. H Acmad Husein selaku Ketua Majelis Mabicab mengatakan raihan penghargaan sebagai Kwarcab tergiat untuk yang 28 kalinya menjadikan bukti bahwa pembinaan pramuka di Banyumas berjalan dengan baik.

“Mungkin yang hadir di sini tidak semua merasakan dan berbuat apa untuk Pramuka Banyumas, itu karena janji kita saat dilantik menjadi pengurus mempunyai arti yang mendalam, yaitu demi kehormatanku aku berjanji, tidak seperti saat saya dilantik menjadi Bupati, Demi Allah saya bersumpah,” kata Bupati.

“Namun demikian saya berharap, Pramuka Banyumas terus tetap berprestasi, baik dalam penghargaan maupun dalam membentuk generasi yang berkarakter. Kalo bisa penghargaan tergiat jangan sampai lepas,” pesan Bupati.

Sementara Ketua Kwarcab Supartono mengajak kepada pengurus baru untuk terus meningkatkan pembinaan kepada generasi muda Banyumas. “Hasil pembinaan pramuka sudah terbukti, dengan terlihatnya dedikasi dan loyalitas pada pekerjaan kepada orang yang aktif dalam kegiatan pramuka,” katanya.

Supartono mengatakan, pengurus pramuka bekerja kolektif kolegial, sehingga tidak ada pengurus yang lebih hebat dengan yang lain. “Semua pengurus mempunyai peran penting dalam bidangnya, ketika semua bekerja dengan baik, tentu akan membuat Kwarcab Banyumas menjadi baik pula,” katanya.

Selain Supartono yang, Bupati juga melantik pengurus lainnya. Di antaranya Drs Purwadi Santoso, M. Hum sebagai Wakil Ketua (Waka) Bidang Bina Muda, Ady Suroso, S.Pd Waka Bina Wasa, Agus Nur Hadie, S.Sos Msi Waka Abdimas Humas, Wahyu Dewanto Waka Sarpras dan Drs Nungky Hari Rahmat Waka Organisasi Hukum. Sedangkan Sekretaris Cabang dipercayakan kepada Drs Agung Pujatman. (bym1/rev)