Aneh, Visa Tertempel Foto WNA, CJH Asal Pacitan Tertunda Berangkat | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Aneh, Visa Tertempel Foto WNA, CJH Asal Pacitan Tertunda Berangkat

Selasa, 23 Agustus 2016 10:34 WIB

ilustrasi Tempo

‎PACITAN, BANGSAONLINE.com - Ini benar-benar aneh. Lulut Faizah, calon jamaah haji (CJH) asal Pacitan Jawa Timur harus tertunda keberangkatannya ke tanah suci gara-gara foto visanya tertempel foto Warga Negara Asing (WNA). Tak jelas, apakah ini kecerobohan petugas atau faktor lain.

Saat dikonfirmasi melalui ponselnya, ia tampak kuyu dan suaranya lesu. Perempuan paruh baya itu harus menerima kenyataan, dirinya tak bisa berangkat ke Mekkah Al-Mukaromah, bersama rombongan awalnya. Alasannya, foto yang tertempel pada visa miliknya bukanlah fotonya, melainkan foto orang lain. Yakni, seorang pria yang merupakan Warga Negara Asing (WNA).

Jelas itu bukanlah kesalahan Lulut. Sebab, dia sama sekali tidak mengenal orang yang ada di dalam foto tersebut. Terlebih, Lulut tidak merasa menyetorkan foto itu untuk visanya.

”Saya tidak tahu kenapa kok muncul foto orang lain? Padahal waktu di Pacitan saya sama sekali tidak diberitahu kalau ada masalah itu,” kata Lulut.

Meski demikian, Lulut sempat mendengar, jika masalah itu disebabkan adanya kesalahan cetak. Pemberitahuan itu diterima Lulut saat dia diminta untuk pergi menuju Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat). ”Saya diberitahu selepas salat Isya,” ujar Lulut.

Akibatnya, Lulut pun harus menunda keberangkatannya menuju Arab Saudi hingga sepekan lagi. Padahal, jadwal Lulut untuk berangkat sebenarnya bersamaan dengan Kloter 14, yaitu tanggal 15 Agustus 2016. "Selain itu, ibu saya juga harus menunggu keberangkatannya, karena bareng saya, kalau ibu berangkat sendiri saya tidak tega, ibu sudah sepuh," tutur Lulut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   haji pacitan

Berita Terkait

Bangsaonline Video