SBY Duta Pariwisata Kabupaten Pacitan | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

SBY Duta Pariwisata Kabupaten Pacitan

Kamis, 01 September 2016 10:01 WIB

SURABAYA, BANGSAONLINE.COM - Bicara 15 tahun lalu sangat jauh berbeda dengan saat ini. Saat itu, jarang terdengar gaungnya. Kalaupun ada, konotasinya cenderung negatif, seperti daerah tertinggal, terpencil atau kota mati. Fakta itu diakui Bupati , Indartato. Putra asli yang kembali dipercaya rakyat memimpin untuk periode yang kedua itu mengisahkan pengalaman pribadinya. 

Katanya, dahulu bila kita naik bus kota, kalau ditanya turun di mana pasti ngakunya turun di Ponorogo atau Solo. Jarang yang jujur bicara kalau turun di . Mereka seperti minder kalau mengaku sebagai orang . Sebaliknya, lebih bangga menyebut diri sebagai orang Ponorogo atau Solo.

“Ini asli, fakta sekaligus pengalaman pribadi. 15 tahun lalu orang lebih bangga mengaku sebagai orang Ponorogo atau Solo. Namun sejak Pak SBY jadi Presiden, orang tidak minder lagi. Mereka justru bangga berasal dari daerah yang sama dengan Pak SBY. Bisa dibilang, Pak SBY itu Duta Kabupaten ,” tutur Indartarto, saat memberi sambutan dalam pembukaan Asians Surfing Championships, beberapa waktu lalu.

Ya, situasi berubah setelah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang notabene adalah putra asli terpilih sebagai Presiden RI ke-6 pada pemilihan presiden tahun 2004. Bahkan SBY yang lahir di Dusun Tremas, Desa Arjosari itu menjabat Presiden hingga dua periode karena terpilih kembali pada pilpres tahun 2009.

Sejak SBY menjadi orang nomor satu di negeri ini, secara otomatis mengangkat pamor kabupaten yang merupakan tempat kelahiran SBY hingga menjalani masa remaja. Orang pun sejak itu bangga menyebut dirinya orang , lahir dan besar di . Termasuk mereka yang merantau di kota besar seperti Surabaya dan Jakarta. Ketika mereka pulang kampung jelang lebaran, mereka pun dengan bangga menyebut akan pulang kampung ke . Bukan Ponorogo apalagi Solo.

Kita melihat sendiri bagaimana kecintaan masyarakat pada sosok SBY. Bahkan pada saat ajang Asians Surfing Championships (ASC) 2016 etape ke-5 yang berlangsung di Pantai Pancer Door, . Dengan iming-iming dibuka oleh SBY, ajang adu selancar itu pun berhasil menarik minat belasan peselancar dari mancanegara. Bahkan peselancar dari belahan dunia yang nun di sana seperti Brazil turut hadir.

Magnet SBY tidak memudar meskipun ia tidak lagi menjadi orang nomor satu di negeri ini. Hal itu terlihat dalam perhelatan ASC 2016, ratusan spanduk selamat datang bertebaran di setiap sudut kabupaten . Bahkan mereka dengan bangga menyebut SBY sebagai Tokoh Internasional. Spanduk itu ada yang atas nama satuan kerja perangkat daerah (SKPD) tapi tak sedikit juga yang atas nama warga seperti Karang Taruna ataupun pengurus lingkungan setempat seperti Desa atau RT/RW.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pacitan

Berita Terkait

Bangsaonline Video