Sukses Pimpin Tebuireng, Gus Solah Dirikan 10 Pondok Pesantren di Jawa dan Luar Jawa | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Sukses Pimpin Tebuireng, Gus Solah Dirikan 10 Pondok Pesantren di Jawa dan Luar Jawa

Editor: m mas'ud adnan
Sabtu, 10 September 2016 22:57 WIB

KH Ir Salahuddin Wahid saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren Al-Hijaz Tebuireng di Desa Air Kati Kecamatan Sindang Dataran Bengkulu. Foto: rakyatbengkulu.com

JOMBANG, BANGSAONLINE.com – Baru 10 tahun mimpin Pondok , ternyata KH Ir Salahuddin Wahid tidak hanya sukses menata infrastruktur dan sistem pendidikan , Tapi juga mendirikan 10 pondok pesantren di Jawa dan luar Jawa. Gus Solah – panggilan cucu pendiri NU Hadratussyaikh Hasyim Muhammad Asy’ari itu, terus mengembangkan pendirian pondok pesantren di seluruh Indonesia.,Gus Solah diangkat sebagai pengasuh Pondok pada 2006 menggantikan KHM Yusuf Hasyim, putera Hadratussyaikh Muhammad Hasyim Asy'ari.

Meski demikian Gus Solah mengaku masih kalah dengan ormas Islam non-NU yang telah mendirikan 300 pesantren di seluruh Indonesia. ”Saya ini masih kalah,  Saya baru mendirikan berapa, " kata Gus Solah kepada bangsaonline.com. 

Hanya saja Gus Solah mendirikan 10 pesantren itu berkat karya atau kreativitas individual, bukan ditopang organisasi sepertti ormas Islam non NU yang sebelumnya sudah punya cabang di seluruh Indonesia. Gus Solah bahkan terkesan sendirian dan hanya dibantu koleganya di internal

Karena itu gerakan pendirian pesantren itu niscaya lebih massif seandainya Gus Solah mengembangkan pesantren diback up NU misalnya sebagai ketua umum PBNU. Sebab Gus Solah yang  Wakil Ketua PMII Cabang Bandung dan Komisariat PMII ITB pada 1964-1966 itu selain banyak gagasan juga punya kemampuan manajerial tinggi. Apalagi insinyur lulusan ITB Bandung itu sejak remaja dikenal sebagai aktivis organisasi. Mantan Wakil Ketua Komnas HAM dan ketua PBNU dua periode  serta Panduan Ansor pada 1957-1961 itu bahkan bisa memadukan kemampuan ilmu eksakta dan ilmu sosial dalam pola pikirnya.  

Gus Solah memang punya obsesi mendirikan pondok pesantren sebanyak-banyaknya di seluruh Indonesia. Alasannya, pesantren selain bisa membangun karakter anak bangsa juga merupakan lembaga pendidikan tertua dan khas Indonesia. Apalagi lewat pendidikan pesantren inilah ilmu dan nilai-nilai agama bisa ditanamkan secara konprehensif dan intensif.

10 pondok pesantren yang didirikan Gus Solah itu antara lain: Trensains di Ngoro Jombang. Lalu SMK di Jombang, di Kesamben Jombang, Ciganjur, di Cianjur, di Sukabumi,  Sindang Beliti Ilir (SBI), di Petalongang Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. di Bolaang Mongondow Sulawesi Utara, di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, di Kuala Gading, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri, Hulu, Riau, Al-Hijaz di Desa Air Kati Kecamatan Sindang Dataran Lembak, Jl. Medan-Berastagi Km. 45, Desa Sukamakmur, Kecamantan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Al Hijaz di Desa Air Kati Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT).

Dari sekian pesantren yang didirikan Gus Solah sudah adayang menuai prestasi. Diantaranya Trensains Ngoro Jombang yang sering disebut II. ini baru dibuka pada Agustus 2014. Namun sudah mengharumkan bangsa Indonesia di dunia internasional. Salah satu siswi SMA Trensains meraih prestasi gemilang dalam dunia internasional. Siswi SMA Trensains bernama Himmayatussorofil Maulida menyabet medali emas dalam ajang International Mathematics Contest di Singapura (IMC Singapore), pada 29 Juli-1 Agustus 2016 lalu.

Ajang bergengsi tersebut diikuti 11 Negara. Diantaranya, Indonesia, Tiongkok, Malaysia, Hong Kong, Taiwan, Philippines, Korea, Thailand, Iran, Singapore dan Vietnam.

Himmayatussorofil Maulida adalah salah satu siswa yang mewakili Tim Indonesia dibawah bimbingan Raden Ridwan Hasan Saputra, Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA. Tim ini berjumlah 102 siswa yang terdiri dari kelas 3 SD hingga kelas 11 SMA untuk mengikuti kompetisi dalam bidang matematika tersebut.

Yang menarik, meski berbasis pesantren tapi lembaga pendidikan yang didirikan Gus Solah penuh inovatif dan sesuai kebutuhan jaman. Ini bisa kita lihat pada pendirian SMK yang lokasinya di Mojosongo, 300 meter sebelah utara Rumah Sakit NU Jombang.

Gus Solah mengaku sedang fokus kepada SMK yang membuka jurusan boga untuk mendidik wira usaha. SMK ini sangat menjanjikan dan dipastikan banyak peminat karena menguntungkan para siswa, tertuma dalam wira usaha. ”Supaya bisa membuka rumah makan yang kami modali. Dan setelah 6 – 7 tahun, saham mayoritas ada di tangan lulusan SMK itu,” kata Gus Solah kepada bangsaonline.com. Rencananya SMK ini dibuka pada 2017 mendatang.  

Tampaknya Gus Solah sukses mendirikan banyak pesantren selain karena gigih dan diback up profesionalitas juga karena faktor trust (kepercayaan) masyarakat. Adik kandung Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahhid (Gus Dur) ini dikenal sangat amanah. Buktinya, banyak sekali bantuan tanah wakaf mengalir ke karena faktor trust dan ingin barakah. Para orang kaya tak ragu terhadap integritas Gus Solah sehingga mereka ikhlas meyedekahkan hartanya lewat Gus Solah yang terpilih sebagai Ketua Gerakan Integritas Nasional pada 2011.

Karena itu mudah dipahami jika menjelang Muktamar NU ke-33 di Jombang banyak sekali kiai dari PWNU dan PCNU yang mendorong Gus Solah maju sebagai ketua umum PBNU. Mereka berharap Gus Solah yang putera Menteri Agama RI pertama KH Abdul Wahid Hasyim itu bisa membenahi NU yang kini dianggap sudah sangat pragmatis dan politis sehingga kehilangan muruah dan kepercayaan umat. Para kiai itu yakin di bawah kepemimpinan Gus Solah yang dikenal bersih, clean dan clear serta professional itu, NU bisa kembali berkibar, dan yang penting lagii bersih dan dipercaya publik. Tapi karena Muktamar NU berlangsung penuh intrik dan kecurangan akhirnya Gus Solah jadi korban sistem pemilihan  yang dipermainkan pantia Muktamar NU secara tak sehat.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video