​Chef Juna tantang Pelaku Kuliner Surabaya

Editor: moch shopii
Wartawan: nisa
Sabtu, 07 Juni 2014 14:54 WIB

DINILAI. Juri sedang menilai cara masak peserta Hells Kitchen Indonesia. Foto : nisa/BangsaOnline

SURABAYA (BangsaOnline) - Para pelaku kuliner di Surabaya ditantang oleh chef handal Indonesia, Chef Juna Rorimpandey untuk menjadi karyawan restoran.

Mereka harus menjalankan restoran secara profesional lengkap dengan perlengkapannya dan menyajikan hidangan yang sesungguhnya kepada pelanggan restoran. Mereka akan berkompetisi dengan karyawan-karyawan lain asal Bandung, Bali, dan Jakarta.  Dan kompetisinya diramu dalam acara Hells Kitchen Indonesia yang akan ditayangkan salah satu teve swasta.

Hells Kitchen merupakan sebuah kompetisi memasak yang penuh tantangan, strategi, dan ketegangan yang sukses ditayangkan di Inggris dan diadopsi oleh negara-negara lain. Bahkan di Amerika Serikat sudah mencapai 11 season. "Di Indonesia baru kali ini. Kami yakin peminatnya juga akan sama seperti di luar negeri," ujar Head Marketing Communications Surya Citra Television Verno Nitiprodjo, Sabtu (7/6/2014).

Siapa saja pelaku kuliner Surabaya yang akan dipilih, telah diaudisi di Surabaya. Pesertanya ada yang pemilik restoran, pemilik toko makanan, mahasiswa sekolah tata boga, pekerja hotel dan restoran, dan mereka-mereka pelaku kuliner usia mulai 18 tahun.

Seleksi awal, peserta harus menunjukkan makanan hasil karya mereka sendiri, dan diminta mempresentasikan. Yang dianggap layak babak selanjutnya, harus ikut tes cara memasaknya. Mereka diberi waktu sekitar 40 menit untuk menyelesaikan masakannya yang langsung dinilai juri. Penilaian pada kebersihan bahan, cara memasak, rasa, dan kriteria-kriteria lainnya.

Pengamatan bangsaonline, peserta nampak cekatan memasak meskipun laki-laki. Entah gugup atau diburu waktu, ada yang sampai berkeringat gobyos.

Rahmawati Putri, mahasiswi Universitas Surabaya jurusan tata boga membuat menu ayam lodo, makanan khas nusantara. Ia nampak percaya diri melawan peserta-peserta lainnya demi bisa ikut berkompetisi dan menjadi seperti Chef Juna.