Tim Amfibi TNI AL dan Special Force US Army Latihan Bersama di Gua Kikik Lampon | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tim Amfibi TNI AL dan Special Force US Army Latihan Bersama di Gua Kikik Lampon

Selasa, 20 September 2016 17:09 WIB

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Korps marinir dan Batalyon intai amfibi kembali menunjukan keterampilanya dalam latihan bersama, Senin (19/9) di pantai Purwosari Desa Buluagung Kecamatan Siliragung dan gua Kikik Lampon Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi.

Dalam latihan ini, dan Batalyon intai amfibi simulasi bersama Operation Detachment Alfa (ODA) 1216 spesial force dalam misi menyelamatkan sandera yang ditawan oleh kelompok gerakan republik banyuwangi merdeka (GRBM).

Para pemberotak di bawah pimpinan oseng rambo ini dilengkapi dengan sejata api jenis pistol P226, M16A4 dan styer. Separatis ini dalam latihan simulasi menawan sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada di wilayah Kabupaten Banyuwangi.

Dalam operasi simulasi ini, Komandan Batalyon Amfibi Letkol Marinir Rivelson Saragih membentuk 4 tim yang dipimpin oleh Letda Marinir Achtizen. Kemudiam, pasukan marinir dan spesial force sempat melakukan penyisiran di perkampungan warga yang ada di wilayah pantai Purwosari sampai gua kikik Lampon.

4 tim misi penyelamatan sandera yang terbagi 2 kelompok operasi ini semuanya bermarkas di pusat latihan pertempuran Korps Marinir Lampon.

Dalam penyelamatan, tawanan kelompok yang beranggotakan dua tim peyerbu dan satu tim sniper yang bersenjatakan senapan runduk AW2 dibantu satu unit heli bell 412 HU dengan pilot Kapten Laut (P) V.Oktomiawan dan Copilot Lettu Laut (P) Alfert. Mereka membawa misi melaksanakan penyerbuan dan penghancuran sasaran 1 yang berada di gua Kikik Lampon.

"Sedangkan dari kelompok 2 yang terdiri dari tim peyerbu yang dibantu oleh tim sniper melakukan penyelamatan sandera yang disekap di gudang kelompok GRBM. Dua tim misi penyelamatan ini, masing-masing tim di-back up oleh heli bell dan penembak runduk," tutur Komandan Batalyon Amfibi Letkol Marinir Rivelson Saragih.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   TNI AL US army

Berita Terkait

Bangsaonline Video