Gus Solah Puji Langkah Panglima Gatot Ziarah ke Makam Para Mantan Panglima Tertinggi | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gus Solah Puji Langkah Panglima Gatot Ziarah ke Makam Para Mantan Panglima Tertinggi

Selasa, 27 September 2016 22:20 WIB

Gus Solah berbincang dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di dalem Kasepuhan Tebuireng. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Langkah Panglima Jenderal Gatot Nurmantyo mengembangkan tradisi ziarah ke makam para mantan Panglima Tertinggi mendapat apresiasi dari KH Salahudin Wahid (Gus Solah). Pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang ini juga menyebut Gatot Nurmantyo menguasai sejarah dengan baik.

Hal itu diungkapkan Gus Solah usai menerima kunjungan rombongan ziarah dalam rangka HUT ke-71 di Pesantren Tebuireng, Selasa (27/9) siang. Sebelum berziarah, Gatot dan Gus Solah sempat berbincang-bincang sekitar 20 menit di dalem Kasepuhan Tebuireng.

"Panglima dan saya berbincang-bincang tentang Resolusi Jihad. Ternyata beliau menguasai sejarah dengan baik," ujar adik kandung KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Solah juga menginformasikan kepada Gatot bahwa di Tebuireng sedang dibangun Museum Islam Hasyim Asy'ari. Pembangunan museum itu dimaksudkan untuk memberi informasi kepada masyarakat tentang proses masuknya Islam ke Nusantara dengan damai dan menggunakan pendekatan budaya, tanpa kekuatan militer.

"Saya juga memberi informasi bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) didirikan oleh militer, polisi, pedagang, rakyat biasa, santri dan ulama. Ini untuk membantah pendapat bahwa negara berdasar Pancasila adalah negara yang bertentangan dengan Islam atau negara thaghut," tegas Gus Solah.

Sebagaimana diberitakan, menjelang peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-71 , Panglima Gatot Nurmantyo mengajak seluruh Panglima Komando Utama (Pangkotama) untuk berziarah ke makam para mantan presiden dan panglima tinggi .

Di Jawa Timur, Gatot mengajak rombongan petinggi tersebut berziarah ke makam Presiden Soekarno di Blitar dan KH Abdurrahman Wahid di Tebuireng Jombang, Selasa. Semua kepala staf dari ketiga kesatuan juga tampak mendampingi kunjungan tersebut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video