Menengok Aktivitas Pecinta Keris di Tuban, Kolektor Harus Berusaha Pahami Keinginan si Mpu | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Menengok Aktivitas Pecinta Keris di Tuban, Kolektor Harus Berusaha Pahami Keinginan si Mpu

Wartawan: Suwandi
Senin, 03 Oktober 2016 16:31 WIB

M. Namtuchin (Abiyala) menunjukkan salah satu keris koleksinya. foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Keris merupakan benda yang memiliki makna filosofi mendalam dan tidak lepas dari sejarah. Apalagi sejak adanya pengukuhan dari UNESCO, bahwa nusantara sebagai warisan milik bangsa.

Dari situ, kini telah dijadikan warisan kean yang tidak lepas dari sejarah panjang kejayaan kerajaan di Nusantara. Tak heran jika sampai saat ini, pusaka selalu diminati oleh para pecinta dan peminatnya. Sebab, selain memang hobi, mengoleksi merupakan bagian dari upaya melestarikan dan memelihara kelangsungan pusaka tersebut.

Untuk itu, kolektor dan pecinta harus berusaha memahami apa keinginan pembuat (Mpu) dan orang yang memesannya.

Seperti yang disampaikan oleh kolektor asal Senori Tuban, M. Namtuchin (Abiyala), yang sudah berkecimpung mendalami dan tosan aji 10 tahun belakangan ini. Ia menyampaikan, ada banyak jenis yang harus dipahami oleh pemesan maupun pecinta . Ia pun secara rinci menyebutkan kelengkapan sebuah yang ditandai dengan bentuk (dapur), pamor (motif), tangguh (zaman atau era), wrangka (sarung) dan bagian pegangan atau ukiran.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   budaya Hobi keris

Berita Terkait

Bangsaonline Video