Mahasiswa Ubaya Susun Organizer PMR | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Mahasiswa Ubaya Susun Organizer PMR

Editor: rosihan c anwar
Wartawan: nisa
Rabu, 11 Juni 2014 21:45 WIB

? Indah menunjukkan Organizer PMR berbentukbuku (kanan) dan yang satu lagi rekam medis model lama yang biasa disimpan di rumah sakit, klinik kesehatan atau apotek. foto: nisa/BANGSAONLINE

SURABAYA (bangsaonline) - Mahasiswa S2 Farmasi Universitas Surabaya (Ubaya), Indah Yuliawati SFarm MFarm-Klin Apt, menyusun Organizer PMR (Personal Medication Records) yang bisa dibawa pasien sendiri.

“Pengelola apotek di Ubaya Bu Lis Aditama bilang, kenapa data pasien tidak dibukukan saja dan dibawa pasien langsung. Sementara ini kan bentuknya kertas berisi data pasien, obat yang diberikan apa saja dan hasil pemeriksaan bagaimana, yang disimpan di apotik. Saya pikir, kenapa tidak? Dari sini, akhirnya juga saya jadikan tesis,” ujar Indah, kemarin (11/6).

Indah menamakan buku kesehatan itu dengan Organizer PMR (Personal Medication Records). Isinya,informasi terkait riwayat medis dan terapi obat pasien, seperti dokter dan apotekernya siapa, riwayat inap, riwayat operasi, riwayat alergi, riwayat reaksi obat yang tidak dikehendaki, obat-obatan yang digunakan baik dari resep dokter maupun yang bukan, termasuk pemeriksaan hasil lab.

“Dengan buku Organizer PMR ini, pasien bisa berobat kemana saja dan tinggal menunjukkan bukunya. Dokter akan lebih mudah mengetahui riwayat kesehatan pasiennya. Selama ini kan tidak sedikit pasien tidak tahu obat apa yang diminumnya saat ditanyai dokter. Dengan buku ini, bisa dikurangi potensi kesalahan pemberian obat,” urai Indah.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   ubaya

Berita Terkait

Bangsaonline Video