Manfaatkan Gas, Lebih Aman dari Elpiji | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Manfaatkan Gas, Lebih Aman dari Elpiji

Editor: rosihan c anwar
Wartawan: yuli eksanti
Kamis, 12 Juni 2014 20:50 WIB

?Krisdyan Widagdo, Manajer Humas PGN SBU Distribusi Wilayah II.foto:net


SURABAYA (bangsaonline) - Besarnya subsidi yang disalurkan pemerintah untuk BBM, setiap tahun mengalami peningkatan sehingga utang pemerintah kian membengkak.

Untuk itulah peran PGN (Perusahaan Gas Negara) sangat dibutuhkan guna memangkas pengeluaran pemerintah untuk subsidi BBM. Namun masyarakat awam masih kurang memiliki kesadaran untuk mempergunakan gas dalam kebutuhan rumah tangga, padahal harga gas jika dibandingkan dengan elpiji, 3 kali lipat lebih murah.

Disamping itu, tingkat keamanan gas jauh lebih terjamin dibandingkan elpiji. ”Karena gas berat jenisnya lebih ringan dari udara, jika gas mengalami kebocoran, sifat gas adalah mencari ruangan yang lebih tinggi dan lebih luas. Sehingga mudah terbawa angin dan aman bagi para penggunanya,” urai Krisdyan Widagdo, saat bertemu dengan bangsaonline, di kantornya, kemarin.

Meskipun Dodo (panggilan akrabnya) mengakui bahwa pemanfaatan gas tidak semudah elpiji yang bisa dimasukkan ke dalam tabung. Indonesia yang kaya dengan gas bumi, memang belum bisa memanfaatkan secara maksimal, disamping membutuhkan biaya yang sangat besar, dan teknologi yang sangat canggih, penyaluran gas yang efisien hanya bisa dilakukan melalui pipa-pipa ke konsumen.

Namun jika jarak pengelolahan gas sangat jauh dari konsumen, maka gas tersebut akan disusutkan, dipadatkan, dan diangkut ke dalam truk. ”Saat sudah sampai ke konsumen, maka gas yang dipadatkan harus kita cairkan kembali dan harus segera dimanfaatkan. Gas bumi jika sudah diproduksi, harus segara dimanfaatkan. Jika disimpan, akan membutuhkan biaya yang sangat mahal dan teknologi tinggi,” sambung Dodo.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   pgn

Berita Terkait

Bangsaonline Video