Longsor Bantaran Sungai Bengawan Solo di Banjarsari Makin Parah, Rumah Warga Terancam Hanyut | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Longsor Bantaran Sungai Bengawan Solo di Banjarsari Makin Parah, Rumah Warga Terancam Hanyut

Rabu, 19 Oktober 2016 02:36 WIB

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com – Tanah bantaran Sungai Bengawan Solo di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Bojonegoro terus mengalami longsor. Panjang longsoran mencapai 200 meter, lebar 70 meter, dengan kedalaman 8 meter lebih. Akibat longsor itu, hampir sebagian perkampungan hilang menjadi sungai.

Jarak tanah yang longsor itu dengan rumah warga tinggal 1-2 meter lagi. Sementara, rumah-rumah lainnya berjarak 4-8 meter dengan tanah tepian Bengawan yang longsor.

Sejak terjadi longsor pada 2013 lalu sedikitnya sudah ada 5 rumah warga yang dibongkar dan dipindah. Salah satunya milik mbah Soponyono, 65 tahun. Mereka sudah pindah karena tanah yang ditempatinya tergerus longsor. Bahkan kini tanah itu sudah amblas digerus longsor.

Untuk menghindari longsoran yang lebih parah, pihak BPBD Bojonegoro melakukan pencegahan dengan memasang bronjong kawat berisi batu. Pemasangan bronjong tersebut hingga kedalaman 10 meter dari atas dataran rumah warga.

"Tanah yang longsor persis berada di daerah tikungan sungai. Tanah tanggul Bengawan Solo setelah usai banjir terus mengalami longsor," ujar kepala pelaksana BPBD Bojonegoro Andik Sudjarwo, Selasa (18/10).

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video