Menguak Praktik Pungli di Kota Santri (8): Saber Pungli hanya Seremonial, Tak Ada Langkah Konkret | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Menguak Praktik Pungli di Kota Santri (8): Tak Ada Langkah Konkret, Saber Pungli Cuma Seremonial

Sabtu, 29 Oktober 2016 17:58 WIB

ilustrasi

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Gebrakan Presiden Jokowi (Joko Widodo) menyapu bersih pungutan liar (saber pungli) patut diapresiasi. Namun gaungnya tak kunjung menggelora di Kabupaten Jombang.

Pernyataan tersebut disampaikan Direktur LInK (Lingkar Indonesia untuk Keadilan), Aan Anshori kepada Bangsaonline. Ia mengatakan, beberapa hari lalu memang sempat ada seremonial di Polres Jombang untuk peluncuran program SMART. Program ini diklaim sebagai tindak lanjut penindakan terhadap praktik pungli di kota santri.

"Akan tetapi saya belum melihat langkah konkret di tubuh birokrasi pemkab maupun instansi lain. Padahal kita tahu sektor layanan publik masih rawan pungli, misalnya di lingkungan Dinas Pendidikan, BLH maupun Badan Pelayanan Perizinan," kata Aan.

Tak hanya itu, mantan aktivis PMII Jombang itu menyebut, di banyak sekolah, praktik pungli dengan berbagai kedok masih marak terjadi, begitu juga di level desa yang kurang lebih sama kondisinya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   pungli jombang

Berita Terkait

Bangsaonline Video