Gus Solah: Ada dalam Fakta Sejarah, Resolusi Jihad Belum Dimasukkan Buku | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Gus Solah: Ada dalam Fakta Sejarah, Resolusi Jihad Belum Dimasukkan Buku

Wartawan: Romza
Minggu, 30 Oktober 2016 17:38 WIB

KH Salahuddin Wahid (Gus Solah), Pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang saat konferensi pers pelaksanaan rapat akbar aktualisasi resolusi jihad, Sabtu (30/10). foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - KH Salahuddin Wahid (Gus Solah), Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng menyebut bahwa fatwa yang dikeluarkan kakeknya, KH Hasyim Asy'ari pada tanggal 22 Oktober 1945 merupakan fakta sejarah tak terbantahkan. Meski demikian, kisah pengaruh besar keberadaan yang mampu menggerakkan kaum muslimin di daerah Surabaya dan sekitarnya berperang melawan penjajah tidak dimasukkan dalam buku sejarah.

Pernyataan Gus Solah disamnpaikan saat konferensi pers jelang Rapat Akbar Aktualisasi Resolusi Jihad di Dhalem Kasepuhan Tebuireng, Sabtu (30/10) siang. "Waktu itu yang menulis buku sejarah tidak menganggap ini (, red) penting. Waktu itu tidak ada tokoh NU, mungkin tokoh islam lain juga tidak ada yang dilibatkan. Dan itu wajar saja karena waktu itu orang NU yang diurusi kan fiqh, hadist, dan lain-lain," ujarnya.

Padahal, lanjut Gus Solah, fakta sejarah tentang bisa ditelusuri. Baik melalui surat kabar maupun bukti otentik di dalam perpustakaan nasional. "Sebelum menulis buku tentang , sudah dilakukan penelusuran secara ilmiah hingga ke luar negeri. Pemberitaan tentang pada tanggal setelah 22 Oktober 1945 itu ditemukan. Jadi, fakta tidak bisa dibantah. Hanya saja sampai sekarang belum dibukukan," ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video