Lestarikan Kuliner Pesisir Sidoarjo, RM Cak Taufiq Suguhkan Kare Rajungan

Rabu, 16 November 2016 18:27 WIB

KHAS PESISIR: H Moh Taufiqulbar MSi bersama istri dan karyawan, di Rumah Makan Cak Taufiq yang menyuguhkan menu khas Kare Rajungan, Rabu (16/11). foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Di tengah kesibukannya sebagai anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo, H Moh Taufiqulbar MSi ternyata punya kesibukan lain, yakni menggeluti usaha kuliner dengan membuka Rumah Makan "Cak Taufiq" di Ruko Puri Mas 2A Rungkut UPN, Surabaya.

Usaha kuliner ini, ternyata tak melulu sekedar bisnis, namun ada niatan melestarikan kuliner khas Sidoarjo, dengan menyuguhkan menu Kare Rajungan, menu masakan khas pesisir Sidoarjo.

"Saya memang ingin agar menu tradisional yang berkembang di kawasan pesisir ini tetap lestari, makanya saya suguhkan menu Kare Rajungan," cetusnya, di sela aktivitas di gedung DPRD Sidoarjo, Rabu (16/11).

Tak hanya itu, anggota Komisi B ini berharap Rajungan yang memiliki protein tinggi bisa dikonsumsi semua kalangan, tidak hanya kalangan atas, karena harganya yang mahal. Sehingga dia pun mematok tarif murah, karena bisa mendatangkan langsung Rajungan dari para nelayan di sekitar desanya, Desa Banjarkemuning Kecamatan Sedati.

Karena itu, Taufiq lantas memasang motto 'Harga Mahasiswa Kelas Pengusaha'. "Jadi jangan takut harga mahal untuk bisa menikmati menu-menu di Rumah Makan Cak Taufiq," cetus politisi alumni ITS ini.

Taufiq juga menjamin kelezatan menu yang disuguhkan. Sebab menu berasal dari resep warisan keluarga besarnya di Sedati dipadu dengan warisan keluarga istrinya, Hj Naila Nadiyah S.Psi, asal Desa Sawohan, Buduran.

Kelezatan menu yang disuguhkan Rumah Makan Cak Taufiq juga alami karena tanpa menggunakan bahan pengawet maupun penyedap rasa. "Semua alami karena memang menu ini resep warisan dari nenek saya," imbuh Hj Naila Nadiyah S.Psi, yang juga manajer sekaligus juru masak.

Taufiq kembali menambahkan, usaha kuliner ini dirintisnya bersama sejak tahun 2011 lalu. Dibantu lima karyawan, Rumah Makan Cak Taufiq ini bakal melayani para pecinta kuliner, khususnya kuliner tradisional untuk menikmati cita rasa aneka masakan berbahan dasar Rajungan dengan menu spesial Kare Rajungan. (sta/rev)