Tingkatkan Kesejahteraan Petani Tebu, Menteri Rini Luncurkan Kartu Tani di Situbondo | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tingkatkan Kesejahteraan Petani Tebu, Menteri Rini Luncurkan Kartu Tani di Situbondo

Rabu, 16 November 2016 20:42 WIB

Menteri (kanan) BUMN RI Rini Sumarno saat melaunching kartu tani di Situbondo.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Menteri BUMN RI, Rini Soemarno, membagikan 31 ribu lebih Kartu Tani kepada para petani tebu di Jawa Timur, yang bermitra dengan Pabrik Gula (PG) milik PTPN IX, X, XI dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI).

Pembagian tersebut secara serentak dilaunching di 7 pabrik gula yang terpusat langsung di pabrik gula (PG) Asembagus, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Rabu (16/11)

Rini Soemarno mengatakan bahwa diadakannya Kartu Tani bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dari pabrik gula yang ada di Indonesia, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan para petani tebu dan juga para karyawan pabrik gula.

"Kartu Tani ini memberikan berbagai kemudahan kepada para petani tebu dalam melakukan aktivitas taninya saat menanam tebu, utamanya untuk mendapatkan pinjaman permodalan melalui Koperasi Usaha Rakyat (KUR) yang bisa dimanfaatkan petani untuk membeli pupuk, bibit tebu, maupun obat-obatan pertanian," kata menteri Rini.

Rini menekankan, dengan , perbankan bisa memenuhi biaya hidup para petani tebu. Petani tebu bisa memperoleh pinjaman melalui dana kredit usaha rakyat (KUR) untuk biaya hidup, sehingga kebutuhan bulanan para petani bisa terpenuhi tanpa meminjam kepada para tengkulak ataupun lainnya dengan bunga yang tinggi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video