D‎elapan Warga di Pacitan Hidup dalam Pasung, Dinkes Klaim Sudah Tangani | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

D‎elapan Warga di Pacitan Hidup dalam Pasung, Dinkes Klaim Sudah Tangani

Senin, 21 November 2016 13:33 WIB

Rachmad Dwiyanto

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Program bebas pasung yang pernah dicanangkan Pemkab sejak Tahun 2014 lalu sepertinya belum berjalan optimal. Itu terbukti, belum lama ini sedikitnya ditemukan delapan warga usia produktif yang ditengarai mengidap penyakit gangguan jiwa dan hidup terpasung.

Kedelapan warga tersebut rata-rata berusia 16 hingga 40 tahunan. Mereka tersebar di sejumlah desa dan kecamatan di . Yakni, di Desa Bubakan Kecamatan Tulakan ada satu warga; Kecamatan Nawangan satu warga; Kecamatan Ngadirojo dua orang warga; Kecamatan Punung satu warga; Kecamatan Bandar satu warga; Sudimoro satu warga; dan Desa Tanjungsari Kecamatan satu orang warga.‎

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), setempat, Rachmad Dwiyanto, membenarkan masih adanya beberapa warga pengidap gangguan jiwa yang hidup terpasung. Akan tetapi, persoalan tersebut sudah teratasi.

"Mereka sudah kami tangani ke pelayanan kesehatan terdekat. Bila memang tidak mampu, langsung kita rujuk ke salah satu RSJ di Solo," katanya, Senin (21/11).

Menurut mantan Kepala Dispendukcapil ini, kasus kelainan jiwa sejatinya bukan hanya tanggung jawab Dinkes semata. Namun keluarga dan masyarakat, yang paling bertanggung jawab atas persoalan tersebut.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pacitan odgj pacitan

Berita Terkait

Bangsaonline Video