Tanya-Jawab Islam: Membaca Alquran Tanpa Mengetahui Panjang Pendeknya | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Tanya-Jawab Islam: Membaca Alquran Tanpa Mengetahui Panjang Pendeknya

Editor: nur syaifudin
Senin, 19 Desember 2016 10:46 WIB

>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<<

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr wb. Pak Kiai saya mau minta saran, saya sendiri tidak terlalu hafal membaca al-Quran, sedangkan saya pernah dengar dari ceramah (pengajian) bahwa salah baca panjang atau pendeknya dalam membaca al-Quran bisa menjadikan arti atau terjemah berbeda. Terus saya sekrang mencoba menghafal terjemahannya dari setiap ayat-ayat dari surat al-Quran yang aku hafal pula. Saya sendiri tak mau berfikiran syubhat (bingung), bagaimana Pak Kyai? (Agus, Pemalang)

Jawab:

Hal yang mendasar yang perlu dipahami adalah bahwa membaca al-Quran dengan mengerti artinya atau tidak mengerti artinya akan tetap mendapatkan pahala dari sisi Allah swt. Inilah al-Quran, satu-satunya teks di dunia, yang kalau dibaca akan mendapatkan pahala walaupun tidak mengerti artinya.

Bahkan, kalau pun membacanya itu masih terbata-bata akan tetap mendapatkan pahala atas bacaan tersebut. Aisyah melaporkan sebuah hadis bahwasannya Rasul bersabda:

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم : الَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَ هُوَ مَاهِرٌ بِهِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ، وَالَّذِي يَقْرَؤُهُ وَهُوَ شَدِيدٌ عَلَيْهِ فَلَهُ أَجْرَانِ. رواه الترمذي

“Orang yang membaca al-Qur’an dan dia pandai (lancar dalam membacanya), maka dia akan bersama para malaikat. Sedangkan orang yang membaca al-Qur’an namun masih tergagap-gagap (belum lancar), maka dia akan mendapatkan dua pahala”. (Hr. Turmudzi:2829).

Para ulama sepakat bahwa hadis di atas memberikan informasi kepada kita, bahwa siapa saja yang membaca al-Quran akan mendapatkan pahala, baik ia paham artinya atau tidak memahaminya.

Dan para ulama juga tidak berselisih pandangan atas kewajiban membaca al-Quran dengan benar dan sesuai dengan kaidah-kaidah tajwid, panjang pendeknya harus tepat, tidak boleh ditambah atau dikurangi.

Allah berfirman di dalam al-Quran:

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video