Fokus Bisnis Ibadah

Editor: rosihan c anwar
Wartawan: nisa
Senin, 23 Juni 2014 14:06 WIB

Sahrul Gunawan. Foto : nisa/bangsaonline

SURABAYA (bangsaonline) - Artis yang dulu populer dalam sinetron Jin dan Jun, Sahrul Gunawan, kini lebih banyak aktif dalam bidang ibadah. Tepatnya, bisnis untuk membantu orang beribadah ke tanah suci.

Sejak 8 tahun lalu, ia telah membuka travel umrah-haji plus yang diberi nama Amanah Fadilah Insan Tour. Kantor cabangnya telah tersebar di seluruh Indonesia, mencapai 30 unit. Terakhir yang dibuka ada di Sidoarjo, tepatnya di Kawasan Pondok Candra yang dikelola Noviana Bellatrix sebagai Kepala Cabang AFI Group Sidoarjo

''Saya punya pengalaman kurang mengesankan saat umrah bersama sebuah biro travel. Jamaah hanya disuruh bersabar ketika mengalami hal yang tak menyenanglan, dengan alasan sedang beribadah. Lho, menurut saya, travel biro jangan berlindung dibalik makna ibadah. Ini kan bisnis? Ada amanah dari jamaah,'' tutur Sahrul kepada bangsaonline, Senin (23/6/2014).

Akhirnya, pada 2005 terbentuklah travel biro miliknya itu. Travel biro miliknya ini bisa bertahan bahkan Juli nanti akan kembali buka cabang. Bagaimana cara bertahan ditengah persaingan biro travel umrah-haji yang cukup banyak di Indonesia?

"Saya jaga kualitas layanan. Saya tekankan kepada jamaah agar saat kembali ke tanah air tetap senyum. Harus merasa fun. Kami berikan entertaint yang mengesankan kepada jamaah. Mereka membayar mahal untuk beribadah menggunakan jasa kami, makanya kami berikan layanan sesuai apa yan mereka bayarkan. Bahkan kami berikan lebih. Seperti manasih hingga 2-3 kali," urai Sahrul, yang kini memang nampak lebih religius.