Perkuat Ideologi Aswaja, Gelar Seminar Qur’ani | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Perkuat Ideologi Aswaja, Gelar Seminar Qur’ani

Editor: rosihan c anwar
Selasa, 24 Juni 2014 13:59 WIB

?Dr KH Musta’in Syafi’i saat memaparkan materi pada Seminar Qur’ani di Pondok Seblak Jombang.foto:istimewa

JOMBANG (bangsaonline) – Seminar bertema Dialektika al-Qur’an dan Sains Menuju Pilar Kebangsaan yang Kokoh digelar di aula Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Seblak , Minggu (22/6). Kegiatan ini diikuti ratusan santri, guru dan tamu undangan.

Hadir sebagai narasumber adalah anggota MPR-RI Dr. KH. Musta’in Syafi’i, M.Ag. dan dosen Sastra Arab Universitas Negeri Malang Dr. Syafa’at, M.Ag. Sebagai keynote speaker dan membuka acara adalah wakil bupati Hj. Munjidah Wahab.

Saat memaparkan materi, Dr. Musta’in lebih banyak menjelaskan tentang berbagai keistimewaan al-Qur’an dibanding kitab suci yang lain. Namun, penafsiran yang dilakukan umat Islam selama ini masih jauh dari kata ideal. “Kadang masih banyak para kyai di sekitar kita melampaui keahliannya dalam menafsiri al-Qur’an,” ujarnya.

Jika terdapat ayat al-Qur’an membahas masalah kesehatan, lanjutnya, lebih baik ditanyakatan kepada ahlinya. Begitu juga dengan bidang fisika, kimia dan lainnya. Ini mengingat keahlian seseorang terbatas dalam disiplin ilmu.

Pria yang juga penulis buku Tafsir Qur’an Bahasa Koran ini menggarisbawahi bahwa penafsiran harus mempertimbangkan berbagai aspek. “Terutama pertimbangan tafsir yang dipakai adalah maslahah bagi umat dan aktualitas,” imbuhnya.

Sebagai contoh adalah penggunaan lafadz hasbunallah. Lafadz ini populer di dunia ilmu kanuragan, terutama bagi para jagoan jaman dulu dalam berjuang melawan penjajah. Biasanya dibaca saat posisi terdesak. “Ini terjadi karena yang turun bukan manusia lagi, tapi Allah yang menyuruh para malaikat,” katanya.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

Sumber: panitia seminar

 

sumber : panitia seminar

 Tag:   Jombang

Berita Terkait

Bangsaonline Video