Diserang Wereng, Petani-TNI di Bungkal Lakukan Semprotan Massal | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

Diserang Wereng, Petani-TNI di Bungkal Lakukan Semprotan Massal

Selasa, 14 Februari 2017 00:56 WIB

Para petani dibantu TNI melakukan aksi semprotan massal.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Musim tanam tahun 2017 ini petani Ponorogo dikejutkan dengan serangan hama wereng batang coklat (WBC) yang menyerang tanaman padi di wilayah Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo. Hama WBC itu memang cukup meresahkan para petani setempat. Berbagai upaya terus dilakukan para petani untuk mencegah meluasnya serangan hama WBC tersebut.

Informasi dari Nurcholis, sekretaris Kelompok Tani Bancaran, Dukuh Duwet, Desa Bancar, Kecamatan Bungkal, pihaknya bersama para petani lainnya sudah berusaha membasmi hama WBC dengan berbagai pestisida. Bahkan pihaknya juga mengaku sudah ratusan ribu rupiah merogoh kocek untuk biaya pembelian pestisida pembasmian WBC.

"Kami sudah beli berbagai obat pembasmi hama WBC ini agar bisa panen tanaman padi kami," kata Nurcholis, kemarin.

Hal senada juga disampaikan oleh Miseri, petani lainnya yang juga mengaku cukup gelisah dengan serangan WBC. "Selain membeli obat hama kami bahkan mencampurnya dengan alkohol agar wereng bisa mati," kata Miseri diamini Katenu, petani yang lain.

Menanggapi keluhan petani tersebut, pihak UPTD Pertanian Kecamatan Bungkal bersama Balai Penyuluh Kecamatan (BPK) melakukan gerakan sporadis penyemprotan massal. "Kami mengajak para petani di Kecamatan Bungkal melakukan gerakan penyemprotan secara massal dan serentak agar hama WBC bisa dibasmi," ujar Sugiarti, kepala BPK Bungkal saat memimpin penyemprotan massal bersama petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Bancaran, kemarin pagi.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

 Tag:   Pertanian Ponorogo

Berita Terkait

Bangsaonline Video