MPL Desak Polisi Ungkap Dalang Aksi Dugaan Premanisme di Desa Medali | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

MPL Desak Polisi Ungkap Dalang Aksi Dugaan Premanisme di Desa Medali

Rabu, 05 April 2017 17:34 WIB

Ricuh saat evakuasi terduga preman suruhan pabrik PT BNM dari kantor Balai Desa Medali, Puri, untuk diproses di Polres Kabupaten Mojokerto. foto: surya

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Peduli Lingkungan (MPL) Desa Medali, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto mendesak pihak kepolisian agar mengusut dan mengungkap dalang upaya premanisme yang diduga dilakukan oleh orang suruhan pabrik karet PT Bumi Nusa Makmur (BNM), Senin (4/4) kemarin.

Ketua MPL Desa Medali, Aqib Ma’rufin, menduga bahwa pengerahan massa sebanyak 2 (dua) truk itu untuk menyerang masyarakat yang berjaga di sekitar portal pabrik karet. “Mereka ingin melancarkan kembali operasional pabrik karet,” ungkap Aqib.

“Beberapa preman yang tertangkap oleh masyarakat ternyata diketahui beberapa kali juga mengikuti persidangan sengketa SK Pencabutan Izin HO pabrik karet di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya,” sambungnya.

Menurutnya, aksi ini juga merupakan upaya pihak PT BNM untuk membenturkan masyarakat dengan buruh. Sebab, lanjut dia, selama ini ada beberapa pihak yang ingin membangun opini bahwa aksi premanisme tersebut adalah bentuk protes dari karyawan PT BNM yang dirumahkan akibat pabrik distop operasinya.

“Padahal aksi tersebut dilakukan oleh massa bayaran. Janganlah pihak pabrik ‘nabok nyeleh tangan’, seolah-olah menggunakan senjata buruh untuk tujuan beroperasinya kembali pabrik karet,” kecam Aqib.

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video